STUDI BANDING PHBS TIM PENGGERAK PKK KONAWE SELATAN

Muntok (17/04/2017) KOMINFO. Tim Penggerak PKK Kabupaten Konawe Selatan, Provinsi Sulawesi Tenggara hari ini (17/04) berkunjung ke Kabupaten Bangka Barat dalam Rangka Kunjungan Studi Banding PHBS. Rombongan Tim penggerak PKK Kabupaten Konawe Selatan yang di ketuai oleh Hj. Nurlin Surunuddin beserta rombongan yang terdiri dari Ibu Wakil Bupati, Ibu Sekda, 25 Ketua Tim Penggerak PKK kecamatan dan 6 orang pendamping dari PKK Kabupaten Konawe Selatan.

Kunjungan ini atas upaya yang telah dilakukan dalam bidang kesehatan oleh Pemerintah Kabupaten Bangka Barat diantaranya Program Desa/Kelurahan berprilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), yang tahun 2016 lalu meraih penghargaan sebagai Juara III dalam perlombaan PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) Tingkat Nasional.

Rombongan Tim penggerak PKK Konawe Selatan itu disambut langsung  oleh Bupati Bangka Barat, H.Parhan Ali, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bangka Barat Hj. Anissa Parhan, Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah ),dan anggota Tim penggerak PKK Kabupaten Bangka Barat di gedung Sekretariat Daerah Kabupaten Bangka Barat. Dalam kunjungan ini ada beberapa agenda yang telah disiapkan oleh Pemerintah Kabupaten Bangka Barat yang terdiri dari jamuan makan siang di Bukit Menumbing dan peninjauan Desa Buyan Kelumbi Kecamatan Tempilang  yang mendapatkan Juara I Tingkat Provinsi dan Juara III Tingkat Nasional dalam perlombaan PHBS.

“Tim penggerak PKK Kabupaten Konawe Selatan datang ke Kabupaten Bangka Barat untuk mengetahui rahasia keberhasilan Pemerintah Kabupaten Bangka Barat khususnya tim penggerak PKK dalam meraih juara lomba PHBS tingkat Nasional dan juga ingin mengetahui strategi yang dilakukan dalam meningkatkan peran PKK di semua lapisan.” Ujar Hj. Nurlin Surunuddin.

Pemerintah Kabupaten Bangka Barat berharap, kunjungan studi banding ini bermanfaat untuk menjalin kerjasama antar Kabupaten Bangka Barat dan Kabupaten Konawe Selatan khususnya bidang kesehatan, sehingga terdapat peluang-peluang kerjasama strategis untuk peningkatan bidang kesehatan bagi kedua pihak, melalui tukar pengalaman inovasi-inovasi yang telah diterapkan di kabupaten masing-masing khususnya di bidang kesehatan.

“Saya berharap selain kunjungan ini mempererat komunikasi, kerjasama  Bangka Barat – konawe Selatan juga membawa kenangan positif bagi setiap anggota rombongan yang telah mengunjungi Kabupaten Bangka Barat.” Ungkap H.Parhan Ali dalam pidato penyambutan rombongan.

Mulai Tahun 2011 Kabupaten Bangka Barat telah berhasil mengantar beberapa desa dan kelurahan menjadi Juara Desa/Kelurahan Ber-PHBS tingkat Provinsi dan Nasional. Prestasi tersebut atas peran serta dan kerjasama dari seluruh elemen baik masyarakat, PKK Kabupaten, PKK Kecamatan, dan PKK Desa, serta mitra Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya.

“Peringkat juara bukan satu-satunya tujuan tetapi yang lebih penting tumbuhnya kesadaran untuk berprilaku hidup bersih dan sehat dalam setiap individu masyarakat sehingga akan terwujud sumber daya manusia sehat guna mensukseskan semua aspek kehidupan.” Ujar Hj. Anissa Parhan.

Berbagai kebijakan, program dan kegiatan telah di lakukan mulai dari aspek peraturan, pemberdayaan masyarakat, kerjasama lintas sektor, termasuk dukungan pembiayaan dari berbagai sumber yang ada. Salah satu kebijakan yang telah dikeluarkan yaitu peraturan daerah (PERDA) nomor 12 Tahun 2015 tentang prilaku Hidup bersih dan sehat (PHBS), peraturan Bupati Nomor 24 Tahun 2016 tentang bentuk dan ukuran media promosi PHBS serta surat edaran Bupati tentang gerakan prilaku hidup bersih dan sehat. ***

Sumber: 
DISKOMINFO BANGKA BARAT
Penulis: 
Novie Adrian
Fotografer: 
Dedy
Editor: 
M. Amrullah, ST

Berita

14/07/2017 | Bidang Kebudayaan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan
04/07/2017 | Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kab. Bangka Barat
03/07/2017 | Bagian Komunikasi Humas dan Protokol
19/06/2017 | Bagian Komunikasi Humas dan Protokol
19/06/2017 | Bagian Komunikasi Humas dan Protokol
09/06/2017 | DISKOMINFO BANGKA BARAT
08/06/2017 | Diskominfo Babar
26/05/2017 | Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Bangka Barat