Sukseskan GERMAS melalui Pokjanal Posyandu

Muntok (10/11/2017) PPID - Sekretaris Daerah Kabupaten Bangka Barat, Drs. H. Yunan Helmi, M.Si. menghimbau agar semua kader Posyandu di Bangka Barat mengaktifkan kembali kegiatan Posyandu yang ada di setiap desa serta membangun komitmen bersama dalam rangka pengembangan posyandu melalui Kelompok Kerja Operasional Pos Pelayanan Terpadu (Pokjanal Posyandu) untuk menyukseskan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) di  Kabupaten Bangka Barat.

“Kepada semua Kades, mohon diaktifkan pokja Posyandu. Agar Masyarakat tahu bagaimana hidup sehat. Peran Posyandu sebagai lembaga kemasyarakatan desa dan wadah pelayanan kesehatan promotif dan preventif yang tersebar di desa/kelurahan menjadi barometer keberhasilan pemberdayaan masyarakat,” ujar Sekretaris Daerah pada saat membuka acara pertemuan koordinasi Pokjanal Posyandu, Kamis (9/11) di Hotel Pasadena, Muntok.

Sekda menambahkan agar kegiatan tim Pokjanal Posyandu terus mengoptimalkan peran dan fungsinya dengan melakukan koordinasi dan bekerja sama di antara semua elemen dalam melaksanakan tugas Pokjanal di setiap desa.

“Posyandu bukan milik Dinas Kesehatan, menjadi tantangan dalam pelaksanaan di lapangan karena keterlibatan desa, organisasi masyarakat maupun pihak-pihak yang peduli terhadap Posyandu masih belum optimal, jadi saya harapkan agar OPD terkait untuk merespon dengan baik sehingga Pokjanal Posyandu dapat berjalan dengan sebaik-baiknya,” tambahnya.

Pengaktifan Pokjanal ini sesuai dengan rencana pembangunan jangka panjang nasional dan daerah yang mengacu pada tercapainya Nawacita Pembangunan dan salah satunya yaitu pembangunan kualitas SDM yang sehat, cerdas, dan produktif.

“Diperlukan serangkaian program strategis serta implementasi dari berbagai program dan sektor termasuk dari Kementerian Kesehatan, Kementerian Dalam Negeri, dan Kementerian Desa yang turut memperkuat kelompok Pokjanal Posyandu” tambahnya pula.

Dalam kegiatan Koordinasi Pokjanal Posyandu Tingkat Kabupaten Bangka Barat ini, hadir dari segenap Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Tim Penggerak PKK, Camat, Kepala Puskesmas, Kepala Desa, Kwarcab Pramuka, organisasi profesi dan organisasi masyarakat. (ppid / Muhaimin)

Sumber: 
PPID Kab. Bangka Barat
Penulis: 
Muhammad Muhaimin
Editor: 
Muhammad Erfan

Berita

14/11/2017 | Bidang Kebudayaan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan
12/11/2017 | Arunasvara Musician Community
10/11/2017 | PPID Kab. Bangka Barat
07/11/2017 | PPID Kab. Bangka Barat
06/11/2017 | Diskominfo Babar
06/11/2017 | PPID KAB.BANGKA BARAT
03/11/2017 | PPID KAB.BANGKA BARAT
31/10/2017 | PPID KAB.BANGKA BARAT