Suryagung : " Arsip simpul Mempersatu Indonesia"

 

Muntok - Salah seorang narasumber pada Seminar HUT Muntok R. Suryagung S.P.SS. M.Hum dihadapan peserta seminar, Kamis (5/9) mengatakan bahwa Arsip adalah dokumen tertulis (surat, akta, dsb), lisan (pidato, ceramah, dsb), atau bergambar (foto, film, dsb) dari waktu yang lampau, yang disimpan dalam media tulis (kertas), elektronik (pita kaset, pita video, disket komputer, dsb), biasanya dikeluarkan oleh instansi resmi, disimpan dan dipelihara di tempat khusus untuk referensi.

VISI dari ANRI ( Arsip Nasional Republik Indonesia )adalah Menjadikan arsip sebagai simpul pemersatu bangsa sedangkan misi ANRI adalah Memberdayakan arsip sebagai tulang punggung manajemen pemerintahan dan pembangunan , Memberdayakan arsip sebagai akuntabilitas kinerja aparatur negara , Memberdayakan arsip sebagai bukti sah dipengadilan , Menjadikan arsip sebagai memori kolektif dan jatidiri bangsa serta warisan nasional dan memberikan akses seluas-luasnya kepada anak bangsa demi kemaslahatannya.

Berbagai kegiatan yang harus dilakukan oleh kota Muntok untuk menjadi kota pusaka adalah diadakannya pameran arsip sejarah kota Muntok, penerbitan naskah sumber arsip, peringatan para tokoh sejarah, memperingati hari jadi kota Muntok, menjadikan sejarah kota Muntok salah satu pelajara Mulok (Muatan Lokal ) siswa-siswa SD,SLTP dan SLTP, mengadakan seminar, mengadakan paket pendidikan melalui media elektronik dan via waebsite,mengadakan paket wisata walking tour keliling Muntok dan mengadakan lomba fotografi bangunan sejarah dan membuat paket program sejarah dengan TV lokal.

R. Suryagung S.P.SS. M.Hum mengatakan bawha kota Muntok memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan Ende, Muntok memiliki pemandangan yang bagus, banyak situs di kota Muntok seperti tempat pengasingan bung Karno, rumah Mayor, Pantai Tanjung Kalian. Kota Muntok  dekat dari ibukota Provinsi danmudah ditempuh melalui laut dan udara.(lmyusuf)

 

 

Oleh     : Laksamana Muhammad Yusuf

 

 

 

 

 

Sumber: 
Humas dan Protokol
Penulis: 
Humas dan Protokol