TAGANA BABEL MINTA MASYARAKAT IKUT TANGGAP BENCANA

          Pangkalpinang, 28/5 (ANTARA) - Taruna Siaga Bencana (Tagana) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, meminta masyarakat ikut serta tanggap bencana agar meminimalisasi korban ketika terjadi bencana di daerah itu.

         "Setiap terjadi bencana di daerah merupakan tanggung jawab bersama untuk ikut serta membantu menanggulanginya yaitu dari pemerintah dan masyarakat setempat untuk meminimalisasi terjadinya korban jiwa," ujar Kepala Seksi Bencana Tagana Babel, Aswin di Pangkalpinang, Senin.  
    Ia mengatakan, jika masyarakat ikut serta bersama dengan petugas dalam menanggulangi dan menangani bencana akan sangat membantu petugas dan korban tersebut.

         Sebab, pekerjaan akan terasa mudah jika dikerjakan bersama-sama, walaupun pekerjaan tersebut terlihat besar.

         Masyarakat Bangka Belitung pada umumnya sekarang sudah mulai ikut serta tanggap terhadap bencana, terutama masyarakat di daerah pesisir laut yang selalu ikut serta dalam mengevakuasi korban bencana.

         "Kondisi tersebut sangat perlu dipertahankan dan untuk ke depannya lebih ditingkatkan lagi dalam sistem penanggulangannya," ujarnya.

         Ia mengatakan, banyak sistem yang bisa dilakukan masyarakat dalam membantu mengevakuasi korban bencana dan tanpa harus ikut serta terjun ke lokasi korban bencana.

         Bantuan yang bisa dilakukan masyarakat seperti memberikan informasi, membantu sarana dan prasarana atau membantu konsumsi makanan para petugas tersebut.

         Sementara itu, jika masyarakat ikut serta dalam menanggulangi bencana akan memberikan ilmu tambahan dalam penanggulangan jika terjadi bencana di daerah tersebut.

         "Wilayah Kepulauan Bangka Belutung yang sangat luas dan sudah banyak terjadi bencana alam sehingga mewajibkan masyarakat harus lebih tanggap terhadap bencana," ujarnya.

         Di samping itu, katanya, akan memberikan didikan mental bagi masyarakat setempat dalam menanggulangi bencana alam maupun bencana akibat ulah manusia.

Sumber: 
Antara
Penulis: 
Antara