Tanam Cemara untuk Pantai dan Laut Lestari

Muntok (28/11/2017) PPID - Dalam rangka menjaga dan melestarikan lingkungan pesisir dari pencemaran lingkungan khususnya di sekitar pesisir pantai, Pemerintah Kabupaten Bangka Barat melalui Dinas Lingkungan Hidup melaksanakan Kegiatan Pantai dan Laut Lestari di Pantai Batu Rakit, Muntok,  Selasa (28/11).

Dalam kegiatan ini dilakukan aksi gerakan bersih pantai dan aksi menanam 25 pohon cemara udang di sepanjang Pantai Batu Rakit yang bertepatan dengan hari menanam pohon Indonesia. Acara dimulai setelah dibuka oleh Asisten Sekretaiat Daerah Bidang Pemerintah dan Kesejahteraan Rakyat,  Muhammad Sholeh, yang hadir mewakili Bupati Bangka Barat. 

Dalam sambutannya, Muhammad Soleh menyampaikan tujuan Kegiatan Pantai dan Laut Lestari untuk memberi penyadaran tentang bahaya pencemaran laut,  mendorong masyarakat untuk berperan serta dalam pengendalian pencemaran dengan memilah sampah organik dan sampah non organik guna mendapatkan nilai ekonomi dan pemanfaatannya untuk mensinergikan seluruh kegiatan  dari berbagai industri terkait dalam upaya pengendalian pencemaran dan mendorong seluruh lapisan masyarakat untuk mewujudkan laut biru dan pantai bersih lestari. 

"Sebagai sarana merangsang kesadaran dan mengajak kita semua untuk menjaga dan melestarikan lingkungan laut dan pantai sebagai sumber daya alam yang tak ternilai oleh apapun demi keberlangsungan generasi kita yang akan datang," ujar Asisten Sekretaiat Daerah Bidang Pemerintah dan Kesejahteraan Rakyat.

Muhammad Soleh mengajak agar masyarakat selalu menjaga kebersihan pantai mengingat pantai sebagai salah satu tempat wisata, pantai juga memberikan banyak manfaat kepada masyarakat dengan melakukan kegiatan bersih pantai dari tindakan  yang kecil, yaitu membuang sampah pada tempatnya dan menanam pohon untuk penghijauan keindahan pantai.

“Mari kita menjaga kelestarian lingkungan sekitar kita dengan melakukan tindakan kecil namun sangat bermanfaat untuk kelestarian lingkungan di sekitar kita tinggal dan lingkungan pesisir pantai agar tetap terjaga kelestariannya hingga dapat dinikmati oleh anak cucu kita kelak,” tambahnya.

Selain melakukan bersih-bersih pantai dan penanaman pohon kegiatan pantai dan laut lestari juga dilakukan penyerahan bantuan kepada sekolah adiwiyata,  serta pemberian hadiah kepada pemenang lomba lukis dan puisi tema pantai dan pembagian doorprice kepada pasukan kuning dan para undangan. (ppid / Muhaimin)

 

Sumber: 
PPID Kab.Bangka Barat
Penulis: 
Muhaimin
Editor: 
Muhammad Erfan

Berita

14/08/2018 | Bagian Komunikasi, Humas, dan Protokol
13/08/2018 | Bagian Komunikasi, Humas, dan Protokol
07/08/2018 | babel.antaranews.com
07/08/2018 | babel.antaranews.com
07/08/2018 | Bagian Komunikasi, Humas, dan Protokol
03/08/2018 | Bagian Komunikasi, Humas, dan Protokol
01/08/2018 | Bagian komunikasi humas dan protokol
31/07/2018 | Bagian Komunikasi Humas dan Protokol