Tingkatkan Toleransi dan Kerukunan Kesbangpol dan FKUB Bangka Barat Kunjungi Singkawang

Singkawang (05/12/19) Kantor Kesatuan, Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Bangka Barat dan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Bangka Barat melakukan kunjungan kerja dan bersilaturahmi ke Badan Kesbangpol kota Singkawang. Rombongan  diterima langsung oleh Sekretaris Badan yang mewakili Kepala Badan Kesbangpol kota Singkawang dan didampingi oleh FKUB kota Singkawang, kamis (05/12). Turut serta dalam rombongan tersebut Staf Ahli Bupati Bangka Barat, Kepala Bagian Kesra Setda Kabupaten Bangka Barat, MUI Bangka Barat, dan Camat se Kabupaten Bangka Barat.

Selain menjalin silaturahmi tujuan kunjungan ini untuk belajar bagaimana kota Singkawang bisa menjalin kerukunan umat beragama sehingga bisa meraih predikat tertoleran se-Indonesia.

Sekretaris Badan Kesbangpol kota Singkawang, Sherly Maya Kartika, S.Hut mengucapkan selamat datang dan terimakasih atas kunjungan rombongan Kesbangpol dan FKUB Bangka Barat ke kota Singkawang. Maya memaparkan bahwa kota Singkawang merupakan salah satu daerah kaya akan kemajemukan yang ditandai dengan beragamnya agama yang dianut, bahasa, logat, pola kebudayaan, serta sistem nilai budaya dalam masyarakat Singkawang.

“Meski tingkat keragaman masyarakat di kota Singkawang cukup tinggi namun toleransi kehidupan masyarakat yang berbeda agama maupun suku bangsa cukup terpelihara dengan baik,” ungkap Maya

Ketua FKUB kota Singkawang, Baharudin juga mengucapkan terimakasih dan mengapresiasi atas kunjungan kerja Kesbangpol dan FKUB Bangka Barat dalam rangka saling tukar informasi, saling belajar bagaimana merawat dan memelihara kerukunan dan toleransi dilingkungan masyarakat masing masing.

Saat ditemui diakhir acara Kepala Kantor Kesbangpol Kabupaten Bangka Barat, Drs. Yusup Yudono, mengatakan dengan berkunjung ke kota Singkawang maka akan mendapatkan informasi yang baik bagi kerukunan dan toleransi di Bangka Barat.

“Semoga kunjungan yang kita lakukan ini menjadi pembelajaran dan penguatan bagi kehidupan toleransi dan kerukunan yang sudah ada di Bangka Barat sehingga akan terpelihara secara terus menerus dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara di kabupaten Bangka Barat. Dengan demikian Bangka Barat Hebat tahun 2021 akan terwujud, salah satunya terpeliharanya kehidupan kerukunan dan toleransi di dalam masyarakat Bangka Barat,” harap Yusup .

 

Sumber: 
Diskominfo
Penulis: 
d_lm
Fotografer: 
d_lm