Tujuan pendidikan nasional : mengembangkan potensi peserta didik

Muntok, 02/05/2019 ; Upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional dipusatkan di lapangan Upacara Komplek Pemerintah Kabupaten Bangka Barat Muntok dengan tema “Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan”. Sekretaris Daerah mewakili Bupati Bangka Barat menjadi Komandan Upacara. Upacara dihadiri oleh stakeholder Kabupaten Bangka Barat yaitu DPRD, Kejari, Polres, Koramil, ASN serta pelaku pendidikan Kabupaten Bangka Barat.

Dalam sambutan Bupati Bangka Barat yang di bacakan oleh Sekretaris Daerah, mengucapkan Selamat Hari Pendidikan Nasional, semoga segala upaya dan ikhtiar kita memajukan dunia pendidikan yang berkualitas dan akses layanan pendidikan bagi masyarakat semakin terbuka dalam menuju masyarakat Bangka Barat yang HEBAT 2021.

Pada Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional tersebut juga dibacakan Pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang menyampaikan bahwa terbentuknya warga negara yang demokratis merupakan tujuan pendidikan nasional kita. Undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional, pasal 13: menyebutkan “Tujuan pendidikan nasional adalah mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa, berakhlak mulia, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab”.

Pembangunan sumber daya manusia menekankan dua penguatan, yaitu pendidikan karakter dan penyiapan generasi terdidik yang terampil dan cakap dalam memasuki dunia kerja.

Melalui momentum hari pendidikan nasional ini, marilah kita konsentrasikan segenap potensi pendidikan nasional yang menitikberatkan pembangunan sumberdaya manusia yang dilandasi karakter yang kuat, ketrampilan, dan kecakapan yang tinggi, sehingga mampu menjawab tantangan perkembangan zaman yang semakin kompetitif.

 

Sumber: 
DISKOMINFO
Penulis: 
Adhitya
Fotografer: 
yogie