UMUM - KONI BANGKA BARAT FOKUS BINA ATLET BERKELANJUTAN

Muntok,  (Antara) - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung, memfokuskan pembinaan atlet secara berkelanjutan untuk meningkatkan prestasi olahraga di tingkat yang lebih tinggi.

"Melalui pengurus masing-masing cabang olahraga kami terus melakukan koordinasi agar atlet-atlet potensial daerah bisa dibina secara berkelanjutan dan mengikuti berbagai kompetisi," ujar Ketua KONI Kabupaten Bangka Barat Arlan Rasyid di Muntok, Selasa.

Ia menjelaskan melalui momentum Hari Olahraga Nasional pihaknya melakukan rapat koordinasi pengurus cabang olahraga yang ada di daerah itu untuk menyatukan visi dan misi dalam memajukan prestasi atlet daerah.

Dalam pembinaan atlet berkelanjutan, kata dia, pihaknya tidak hanya fokus pada atlet-atlet yang sudah jadi, tapi juga dilakukan pembinaan sejak usia dini.

"Kami yakin beberapa tahun ke depan atlet daerah yang sedang disiapkan ini akan mampu bersaing dan berprestasi di tingkat lokal dan nasional," katanya.

Ia menjelaskan membina dan mencari atlet berprestasi tentu dilakukan masing-masing cabang olahraga yang didukung dana memadai.

"Ke depan, seluruh cabang olahraga yang memiliki kepengurusan di daerah akan kami ajak untuk menggulirkan kompetisi, ini penting untuk menumbuhkan semangat persaingan, dari situ pasti akan muncul bibit-bibit baru yang memiliki semangat juang tinggi dan siap menjadi pemenang," kata dia.

Dari hasil kompetisi tersebut, pihaknya akan menjaring atlet-atlet yang potensial untuk mengikuti pemusatan latihan, baik yang dilakukan berjalan maupun terpusat.

"Memang butuh dana lumayan besar untuk melaksanakan itu, namun kami yakin pemkab dan sponsor akan mampu mengatasi permasalahan itu, akan tetap kami upayakan," kata dia.

Ia mengakui untuk saat ini pembinaan atlet di sejumlah cabang belum begitu nampak dan diharapkan setelah kegiatan pekan olahraga kabupaten yang akan segera digelar, pembinaan atlet bisa lebih optimal.

Menurut dia, kinerja di internal KONI Bangka Barat 65 persen pengurus sudah bekerja dengan baik sesuai dengan fungsi dan peran masing-masing.

"Kinerja pengurus cabang olahraga di Bangka Barat sudah cukup baik, namun ada beberapa cabang yang perlu ditingkatkan lagi. Ke depan target kami ada atlet daerah mampu mengukir prestasi tingkat nasional.

Tentu masih ada kekurangan yang harus dibenahi ke depannya demi memajukan olahraga Bangka Barat, ujarnya.

Oleh Donatus Dasapurna Putranta

 


 

Sumber: 
AntaraNews