Vidcon Penandatanganan Secara Virtual SKB Pedoman Pengawasan Netralitas Pegawai Aparatur Sipil Negara Dalam Pilkada 2020

Muntok - Asisten Sektretaris Daerah Bidang Administrasi dan Umum, Ir. Herzon, bersama Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD), Antoni Pasaribu, S. Pd, menyaksikan penandatangan Surat Keputusan Bersama (SKB) yang dilaksanakan secara virtual di ruang kerja Asisten pada Kamis, 10 september 2020.
SKB tentang Pedoman Pengawasan Netralitas Pegawai Aparatur Sipil Negara Dalam Penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah Serentak Tahun 2020 ditandatangani oleh Menteri Dalam Negeri, Menteri PAN dan RB, Kepala Badan Kepegawaian Negara, Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara dan Ketua Bawaslu melalui Video Conference dan disaksikan Provinsi, kabupaten dan kota seluruh Indonesia yang melaksanakan pilkada serentak pada tahun ini.
SKB ini diterbitkan karena permasalahan tentang netralitas ASN selalu muncul ke permukaan, maka perlu dilakukan pengaturan agar keterlibatan ASN dalam politik praktis tidak melanggar asas netralitas.Tujuan SKB ini adalah membangun sinergitas, meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam pengawasan netralitas pegawai ASN.
Ir. Herzon  mengatakan Video Conference yang dilangsungkan pagi ini, disaksikan oleh seluruh peserta VidCon di 270 daerah yang melakukan Pilkada secara serentak. Agenda dimulai dengan menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya secara Virtual lalu dilanjutkan dengan penandatanganan Surat Keputusan Bersama (SKB).
Kepala BKPSDM, Antoni Pasaribu, S. Pd menerangkan bahwa  kegiatan Pilkada yang dilakukan secara serentak ini akan diawasi langsung oleh BAWASLU. 
“jika ditemukan ada ASN yang terindikasi melakukan politik praktis dan tidak netral dalam penyelenggaraan pilkada serentak akan langsung dikonfirmasikan ke pihak BPKSDMD untuk kemudian diteruskan ke KASN", ujarnya
“Dengan adanya SKB ini diharapkan ASN dapat menjaga netralitas dalam kegiatan Pilkada yang akan dilakukan tahun ini", tutupnya.
 
 
Sumber: 
Diskominfo
Penulis: 
Aldy
Editor: 
Wahyu Pratiwi