Wabup ajak pelaku wisata manfaatkan Asian Games

MuntokĀ  (Antaranews Babel) - Wakil Bupati Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Markus mengajak warga dan para pelaku wisata di daerah itu memanfaatkan Asian Games 2018 yang digelar di Palembang, Sumatera Selatan untuk menarik wisatawan berkunjung ke Bangka.

"Asian Games 2018 merupakan momentum yang sangat berharga karena tidak setiap daerah di Indonesia mendapatkan kesempatan emas menjadi tuan rumah, mari manfaatkan peluang itu untuk menggerakkan pariwisata di Bangka Barat, khususnya Muntok sebagai salah satu kota pusaka Indonesia," kata Wakil Bupati Markus di Muntok, Jumat.

Menurut dia, Palembang sebagai salah satu tuan rumah Asian Games 2018 letaknya tidak terlalu jauh dari Bangka Barat dan hanya membutuhkan waktu perjalanan sekitar tiga jam menggunakan kapal cepat.

"Digelarnya perhelatan Asian Games di Palembang bisa dimanfaatkan untuk menarik wisatawan datang ke Bangka Barat, yang disiapkan sebagai daerah pendukung perhelatan kegiatan olahraga tingkat Asia tersebut," ujarnya.

Ia mengatakan Kementerian Pariwisata telah menetapkan Kabupaten Bangka Barat sebagai salah satu destinasi wisata pendukung Asian Games dengan keunggulan wisata sejarah, kuliner dan keindahan pantai.

Beberapa waktu lalu, pemkab setempat juga sudah melakukan penandatanganan kerja sama dengan Pemkot Palembang, salah satunya kerja sama sektor pariwisata.

Untuk menindaklanjuti kerja sama itu, pemkab sedang mengupayakan agar bisa memfasilitasi pertemuan antara para pelaku wisata usaha wisata di Bangka Barat dan Palembang untuk membahas rencana itu.

"Bagi warga diberharap kerja samanya dengan ikut berperan aktif dalam menciptakan suasana tertib, aman dan bahu-membahu agar wisatawan semakin nyaman menikmati objek wisata di Bangka Barat," kata dia.

Sumber: 
babel.antaranews.com
Penulis: 
Donatus Dasapurna Putranta