WARGA BANGKA BARAT KEMBANGKAN CEMPEDAK NANGKA

          Muntok, Bangka Barat, 13/6 (ANTARA) - Warga Pal enam, Muntok, Provinsi Bangka Belitung, sedang mengembangkan cempedak nangka seluas dua hektare dalam upaya meningkatkan produksi salah satu buah unggulan daerah itu.

         "Kami sedang membantu warga Pal enam, mengembangkan salah satu buah lokal yang diharapkan menjadi varietas unggul nasional tersebut," ujar Kepala Bidang Hortikultura pada Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Bangka Barat, Saukani di Muntok, Rabu.

         Ia menjelaskan, cempedak nangka ditemukannya pada tahun lalu atas laporan dari warga di daerah itu. Setelah dilakukan penilaian dari berbagai aspek, cempedak tersebut layak dipertimbangkan menjadi buah lokal unggulan.

         Buah cempedak, kata dia, pada umumnya berbuah kecil sebesar buah pepaya, namun cempedak yang akan dikembangkan tersebut buahnya sebesar buah nangka dan beratnya bisa mencapai 9,5 kilogram.

         Bahkan menurut keterangan warga di daerah itu, katanya, ada yang beratnya mencapai 12 kilogram.

         "Untuk cempedak nangka seberat 12 kilogram, kami belum pernah melihatnya, namun untuk yang berat 9,5 kilogram kami ada bukti dokumentasinya, buah tersebut rasanya manis khas dan bentuknya sama seperti cempedak pada umumnya," ujarnya.

         Ia mengatakan, cempedak nangka tersebut merupakan salah satu buah lokal istimewa yang memiliki keunggulan lain yaitu dapat berbuah sepanjang tahun.

         "Namun, kami masih terkendala dalam pembibitan karena induk cempedak nangka saat ini hanya ada empat batang," ujarnya.

         Untuk itu, kata dia, pihaknya akan terus berupaya melakukan pembibitan, penyetekan atau okulasi dan penyemaian untuk mendapatkan bibit unggul sehingga dapat dikembangkan secara massal.

         Sebagai langkah awal, pihaknya saat ini sedang berupaya mempersiapkan lahan dengan membuka satu hamparan seluas dua hektare yang seluruhnya akan ditanami bibit varietas unggul lokal tersebut.

         "Jika nanti sudah dapat dikembangkan, jenis ini akan kami ikutkan dalam berbagai lomba agar dapat diakui sebagai salah satu buah unggul nasional seperti halnya durian Namlung yang saat ini sudah menjadi buah varietas unggul nasional," katanya.

         Ia menambahkan, untuk buah lainnya belum ada yang berpotensi dijadikan varietas unggul lokal karena masih kalah dibanding produk daerah lain.

Sumber: 
Antara News
Penulis: 
Antara News