Yunan Helmi: “Masjid Sebagai Pusat Penguatan Ukhuwah Islamiyah”

Muntok, Bangka Barat (DISKOMINFO). Rangkaian kegiatan safari Ramadhan Kabupaten Bangka Barat (20/5) berlanjut pada Masjid Baitussalam Benteng Kota Kecamatan Tempilang. Rombongan Kepala OPD yang dipimpin langsung oleh Sekda Bangka Barat Yunan Helmi tiba pukul 16.30 WIB, yang dilanjutkan dengan pemberian bantuan untuk masjid dari pemerintah Kabupaten Bangka Barat, santunan bagi fakir miskin dan yatim piatu dari Baznas, serta bantuan Jaminan Hidup bagi lansia dari Dinas Sosial Kabupaten Bangka Barat. Dalam kesempatan ini juga Sekda Bangka Barat menyampaikan pesan agar masyarakat Tempilang memanfaatkan masjid sebagai sarana untuk menjalin silatuhrami dan kekompakan tidak hanya dibulan suci Ramadhan melainkan dibulan-bulan lainnya sebagai bentuk penguatan Ukhuwah Islamiyah.

Acara dilanjutkan dengan mendengarkan Ceramah Agama yang di sampaikan oleh Ust. Muchlisin menyampaikan kisah tentang perintah puasa dimana diawali dengan penciptaan akal dan nafsu. Dimana Allah menciptakan akal yang adalah makhluk suci dengan fithrah Illahi, Akal itu ibarat kusir yang mengendalikan nafsu. Sedangkan Allah menciptakan nafsu itu sebagai cobaan dan juga sebagai sebuah penyaring bagi perbuatan anak cucu Adam. Tiap-tiap perbuatan anak cucu Adam yg dilandasi sifat riya’, sombong dan sebagainya, akan tinggal dalam saringan nafsu sebagai ampas, dan segala perbuatan anak cucu Adam yg ikhlas karna Allah akan melewati saringan hawa nafsu dan sampai kepada Allah.

Ramadhan hendaknya menjadi kesempatan untuk menempa diri seorang Muslim hingga jadi pribadi yang lebih baik. Jangan sampai kesempatan untuk beramal baik terlewatkan sepanjang bulan suci ini. Menurut dia, puasa Ramadhan mengandung hikmah untuk mengendalikan hawa nafsu. Sebaliknya, alih-alih hawa nafsu, akal rasional mestinya dikedepankan. Akan tetapi, akal manusia sesungguhnya terbatas. Jangan sampai seorang insan yang beriman terlalu mengandalkan akal, sehingga melalaikannya dari iman kepada Allah dan Rasul-Nya. Sebab, iman itulah yang dapat mengendalikan hawa nafsu, bukan semata-mata akal.

Sumber: 
DISKOMINFO
Penulis: 
Yogie
Fotografer: 
Uli Nuha
Editor: 
M.AMrullah