Yunan Helmi Jabat Sekda Kabupaten Bangka Barat

Muntok (Antara Babel) - Yunan Helmi terpilih untuk mengisi posisi jabatan Sekretaris Daerah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung setelah melalui tahapan seleksi yang sangat ketat.

Yunan Helmi diambil sumpah dan dilantik sebagai pimpinan tinggi pratama Sekda oleh Bupati Bangka Barat Parhan Ali di Graha Aparatur Pemerintah Kabupaten setempat, Selasa.

Bupati Parhan Ali mengatakan, pengembangan karir PNS khususnya dalam pengangkatan jabatan pimpinan tinggi bukanlah sebuah proses mudah dan sederhana bagi bupati selaku pejabat pembina kepegawaian seperti undang-undang sebelumnya.

"Berlakunya Undang Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara yang mengharuskan pengangkatan jabatan pimpinan tinggi harus dilaksanakan berdasarkan "system merit"," katanya.

Menurut dia, hal ini dikuatkan oleh Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 13 Tahun 2014 tentang Tata cara pengisian jabatan pimpinan tinggi secara terbuka di lingkungan instansi pemerintah sehingga dalam melaksanakan pengisian jabatan pimpinan tinggi pratama harus dilaksanakan melalui seleksi terbuka.

"Untuk itu kami ucapkan terima kasih kepada pejabat yang telah mendukung kegiatan seleksi terbuka, khususnya Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah sebagai penyelenggara kegiatan tersebut, semoga tetap bersemangat dan berkomitmen tinggi menjalankan tugas-tugas dari pimpinan," katanya.

Jabatan pimpinan tinggi pratama Sekretaris Daerah Kabupaten Bangka Barat merupakan puncak jabatan karir PNS di lingkungan Pemkab Bangka Barat, untuk duduk pada jabatan eselon II itu pun bukanlah mudah, calon sekda tersaring melalui seleksi terbuka yang ketat oleh tim seleksi dan tim assesor independen sampai memunculkan tiga peringkat dengan nilai tertinggi.

"Saya selaku Bupati Bangka Barat hanya memiliki kewenangan mengajukan tiga calon tertinggi ke Gubernur Babel sehingga pada akhirnya seleksi terpilih satu orang yang dipandang mampu dan cakap dalam mengemban tugas-tugas sebagai Sekretaris Daerah Kabupaten Bangka Barat," kata dia.

Ia berharap Yunan Helmi berjuang memajukan bumi sejiran setason, mampu segera bertugas, memunculkan ide-ide kreatif dan inovatif guna menjalankan aspek efisiensi, akuntabilitas dan transparansi serta menjadikan reformasi birokrasi sebagai prasyarat utama mewujudkan pemerintahan yang baik.

Hadir pada kesempatan itu, Wakil Bupati Markus, sejumlah anggota DPRD, Kapolres AKBP Hendro Kusmayadi, ketua tim penggerak PKK Annisa Parhan, kepala SKPD, asisten, staf ahli, pejabat Pemprov Babel dan pejabat Pemkot Pangkalpinang.

Sumber: 
antaranews
Penulis: 
Donatus Dasapurna Putranta
Editor: 
Mulki

Berita

28/12/2016 | Pusat Komunikasi Publik Kementerian Pertahanan dan Tim Komunikasi Pemerintah Kemkominfo
28/12/2016 | Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, Dan Kerja Sama Kementerian ESDM & Tim Komunikasi Pemerintah Kemkominfo
28/12/2016 | Biro Humas dan Kerjasama Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi dan Tim Komunikasi Pemerintah Kemkominfo
23/12/2016 | antaranews
23/12/2016 | Biro Humas Kemnaker dan Tim Komunikasi Pemerintah Kemkominfo