Ziarah dan Doa Arwah Kute Seribu

Muntok (14/08/2019 ) Diskominfo,  Acara Ziarah dan Doa Arwah Kute Seribu dilaksanakan di kawasan permakaman tua Kota Seribu, Muntok, rabu (14/08). Penyelenggaraan acara ini rutin dilaksanakan setiap tahunnya pada setiap bulan Dzulhijjah, tepatnya hari ke-4 setelah Hari Raya Idul Adha. Ziarah dan Doa Arwah Kute Seribu ini bertujuan untuk mendoákan arwah para pendiri dan pendahulu Kota Muntok, para auliya dan temenggung-temenggung  Kota Muntok terdahulu.

Para tamu undangan tidak hanya datang dari kota Muntok, tetapi juga datang dari luar kota termasuk Jakarta, Bogor, Palembang, serta kota-kota lain di Pulau Bangka.

Acara dimulai dengan pembacaan  Qoshidah Burdah  di surau Tanjung  dan lanjutkan dengan arak-arakan. Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Bupati Bangka Barat beserta para ulama, tamu undangan dan  masyarakat bersama-sama mengikuti arak-arakan tersebut menuju pemakaman Kute Seribu yang berada di jalan keramat atau di belakang masjid Jami’. diiringi tabuhan hadra dan lantunan shalawat bagi Nabi Muhammad SAW.

Gubernur Kepulauan Bangka Belitung dalam sambutannya sangat mengapreasiasi kegiatan ini dan berharap kedepan agar kegiatan ini dapat dilaksanakan bukan hanya dilaksanakan dalam satu hari tetapi bisa dua hari atau tiga hari yang diisi dengan kegiatan-kegiatan keagamaan sebagai syiar agama islam.

Setelah  melakukan ziarah, mendoakan arwah dari tokoh-tokoh yang memiliki jasa besar bagi Kota Muntok, acara dilanjutan dengan membaca surah Yasin, tahlilan, tausiyah, dan doa lalu ditutup dengan acara makan bersama.

Sumber: 
Diskominfo Kab. Babar
Penulis: 
Donny
Fotografer: 
Yoko
Editor: 
Amrullah