Wednesday, May 1, 2013 - 08:11

PANWASLU GIAT SOSIALISASI TEKAN JUMLAH GOLPUT

Muntok, (Antara) - Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Bangka Belitung terus menggiatkan sosialisasi untuk menekan jumlah golongan putih (golput) atau warga pemilih yang tidak menggunakan haknya pada pemilu.

"Jumlah golput masih tinggi dan butuh dorongan dari berbagai pihak untuk mengurangi jumlahnya hingga seluruh pemilih mau menggunakan haknya untuk ikut berpartisipasi dalam setiap pemungutan suara," ujar Ketua Panwaslu Kabupaten Bangka Barat Ujang Ashari di Muntok, Selasa.

Ia menjelaskan, sosialisasi yang merupakan kerja sama Panwaslu, KPU dan beberapa elemen terkait untuk meningkatkan kesadaran warga pemilih melaksanakan haknya pada saat Pemilu Legislatif dan Pemilukada.

Menurut dia, dalam beberapa kali digelarnya pesta demokrasi seperti Pemilu Legislatif dan Pemilukada, jumlah pemilih yang menggunakan haknya masih di kisaran 60 persen.

"Berarti ada sekitar 40 persen warga yang tidak menggunakan haknya, ini cukup memprihatinkan," katanya.

Ia mengatakan, selain meningkatkan sosialisasi, pihaknya juga berharap seluruh partai peserta pemilu juga ikut meningkatkan jumlah pemilih dengan menggerakkan kader-kader partai sampai di tingkat terbawah di seluruh pelosok daerah.

Selain itu, dengan menawarkan calon-calon legislatif yang benar-benar memiliki kemampuan seperti yang diharapkan masyarakat juga menjadi daya tarik tersendiri untuk meningkatkan jumlah pemilih.

"Kami berharap calon yang ditawarkan sesuai kriteria harapan warga pemilih, ini akan memberi harapan bagi masyarakat terkait penyampaian aspirasi ke pemerintah setempat," kata dia.

Sementara itu, dalam setiap tahapan Pemilu Legislatif 2014, menurut dia Panwaslu selalu mengikuti kegiatan setiap tahapan dalam upaya mewujudkan pemilu yang jujur, adil dan transparan.

"Kami selalu mendampingi KPU setempat dalam melaksanakan tahapan Pemilu, ini penting agar ke depan tidak ada pelanggaran yang berpotensi mencederai kesuksesan pelaksanaan Pemilu itu sendiri," kata dia.

Ia mengatakan, dalam berbagai pantauan sampai saat ini belum ada pelanggaran yang dilakukan peserta pemilu dan masih berjalan sesuai aturan yang berlaku.

Oleh Donatus Dasapurna Putranta

Sumber: 
ANTARANEWS
News
20/09/2014 | Bagian Humas dan Protokol
BUYAN KELUMBI DICANANGKAN MENJADI DESA MANDIRI
17/09/2014 | ANTARANEWS
BUPATI MINTA SKPD MAKSIMALKAN PELAYANAN
16/09/2014 | Citizen Reporter : Riandi Staf Humas dan Protokol Setda Bangka Barat.
BUPATI BABAR TERIMA PENGHARGAAN WTP DARI KEMENKEU RI
11/09/2014 | Humas dan Protokol Setda Babar
BUPATI MAMUJU UTARA KUNJUNGI MENUMBING
11/09/2014 | Humas dan Protokol Setda Bangka Barat
ZUHRI LEPAS JAMAAH HAJI BANGKA BARAT