Pelaksanaan Tahap II Kegiatan Pendampingan AN dan PJJ MKKS SMP di Kabupaten Bangka Barat

Parittiga, (25/02) -MKKS (Musyawarah Kerja Kepala Sekolah) SMP Kabupaten Bangka Barat menyelenggarakan kegiatan Pendampingan Assement Nasional dan Pembelajaran Jarak Jauh tahap II di Kecamatan Jebus dan Parittiga, Kelapa serta Tempilang pada Kamis, 25 Februari 2021.
Kegiatan bertempat  di SMPN 2 Parittiga Kecamatan Parittiga, SMPN 2 Jebus, SMPN 1 Jebus, SMPN 1 Tempilang dan SMPN 1 Kelapa. Bertindak sebagai narasumber adalah pihak Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Prov Kep Babel, Edward, S. S., M. Pd, Muhammad Anshori, S. Pd., M. Pd dan Wati Sudarsih, S. Pd., M. Pd. 
Peserta Kegiatan merupakan Tenaga Pendidikan SMP Negeri dan SMP Swasta dengan jumlah peserta 51 orang per tempat.  pelaksanaan di SMPN 2 Parittiga dihadiri oleh perwakilan Dinas Pendidikan Babar, Ridwan, S. Pd dan dibuka secara langsung oleh Camat Parittiga, Madirisa, S. Pd.
Dalam sambutannya, Madirisa mengatakan bahwa kegiatan ini sangat penting bagi Tenaga Pendidik. 
“Saya ingatkan kepada pendidik agar dapat memberikan contoh kepada siswa. Jadilahguru pembelajar yang baik, dalam hal ini guru harus terus belajar. Jangan menciderai kode etik guru. Saya sebagai camat sekaligus sebagi Ketua Satgas Covid 19 Kecamatan Parittiga menyampaikan kepada tenaga pendidik agar selalu mengingatkan ke anak didik selalu melaksanakan 3 M: mencuci tangan, menjaga jarak dan menggunakan masker,” katanya. 
Ridwan, S. Pd., dalam arahannya mengimbau agar tenaga pendidik menjadi contoh dan teladan bagi peserta didik. 
“Fungsi kita sebagai pendidik menyampaikan hal yang baik tentang Vaksin Covid 19 ini. Kita sebagai contoh dan teladan bagi peserta pendidik. Selain itu, Kita sebagai sumber belajar di lingkungan belajar. Nah, bagaimana cara menilainya nanti melalui surveinya itu ada tekhnisnya dan nanti disampaikan oleh Narasumber dari LPMP Babel. Kemudian mengenai Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) ini menggunakan Media Digital/Media Sosial tetapi memang di lapangan mengalami kendala-kendala, salahsatunya terkait jaringan dan kemampuan siswa. Dan itu butuh untuk dicarikan solusinya bersama,” tutupnya. 
Materi yang disampaikan meliputi Asesmen nasional sebagai evaluasi sistem pendidikan (AKM, survey karakter, dan survey lingkungan belajar), pembelajaran jarak jauh (PJJ), dan program sekolah penggerak (PSP).

Sumber: 
Diskominfo
Penulis: 
Wahyu Pratiwi