Sosialisasi Vaksinasi Covid-19 : Dinkes Mulai Masuk Instansi

Muntok, (26/02) Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Barat mulai melaksanakan sosialisasi vaksinasi covid-19 di instansi vertikal dan lingkungan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Jumat (26/2).

Selama kurang lebih 2 pekan mendatang, sosialisasi difokuskan ke instansi pemerintah baik Pemerintah Kabupaten maupun instansi vertikal. Di hari pertama tersebut, sosialisasi dilakukan ke pegawai di Sekretariat Daerah, Dinas Pol PP dan Penanggulangan Bencana, serta Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.

Dalam sosialisasi ini, Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Barat menekankan pentingnya vaksinasi sebagai rangkaian pencegahan dan penanggulangan penyebaran virus covid-19. Selain itu, sosialisasi ini sebagai bagian untuk memperluas cakupan pemberian vaksin terutama kepada masyarakat yang bertugas sebagai pelayan publik.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Barat, drg. H. Achmad Syaifuddin, saat ditemui di ruang kerjanya menjelaskan bahwa sosialisasi ini adalah tahapan yang penting, sehingga masyarakat dapat mengetahui informasi secara benar terkait vaksin covid-19.

"Banyak informasi yang beredar di kalangan masyarakat, yang kadang-kadang tidak jelas sumbernya, sehingga kami berkewajiban menyampaikan informasi yang benar, tentu berdasarkan data resmi dan fakta, terutama soal efek samping yang terjadi pasca pemberian vaksin," Jelas Achmad.

Melalui sosialisasi ini, diharapkan masyarakat dapat memilah informasi yang benar, serta semakin yakin bahwa vaksinasi adalah langkah yang tepat untuk bersama-sama terlepas dari pandemi covid-19.

"Berdasarkan edaran terbaru Kementerian Kesehatan, bahwa hampir semua masyarakat berhak menerima vaksin, kecuali warga masyarakat yang mengalami kondisi-kondisi tertentu sehingga menyebabkan tertundanya vaksinasi. Itu semua akan dipastikan dalam proses screening saat diselenggarakannya vaksinasi," tambah Achmad.

Achmad terus menghimbau agar masyarakat jangan cemas apalagi sampai takut untuk di vaksin.

"Kepada masyarakat, agar jangan cemas dan takut terhadap vaksinasi ini. Yakinlah ini sebagai bagian dari ikhtiar kita untuk bersama-sama melepas diri dari pandemi covid-19. InshaaAllah semua aman," tutup Achmad.

Sumber: 
Diskominfo
Penulis: 
Arie Kurniadi