Kemeriahan Sembahyang Bulan di Puput

Parittiga (05/10/2017) PPID – Wakil Bupati Bangka Barat, Markus, S.H.,menghadiri acara Sembahyang Bulan yang diselenggarakan oleh masyarakat Desa Puput, Kecamatan Parittiga, pada Rabu (4/10) malam. Dalam sambutannya, Markus mengapresiasi acara yang menjadi tradisi warga Tionghoa tersebut.

“Kita perhatikan begitu banyak acara adat di Bangka Barat. Disini kita membuktikan slogan fan ngin thong ngin jit jong (Melayu atau Tionghoa itu sama), ada orang Melayu, ada orang Tionghoa. Ini merupakan suatu kekayaan besar Bangka Barat, masyarakat saling bahu membahu dalam kebersamaan” ungkap wakil Bupati.

Acara Sembahyang Bulan atau Tiong Chiu merupakan tradisi masyarakat Tionghoa yang dilaksanakan tiap tanggal 15 bulan delapan tahun Imlek dengan menyediakan persembahan makanan, manisan dan buah-buahan yang merupakan wujud dan ungkapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas berkah dan karunia yang telah diterima.

Kemeriahan Sembahyang Bulan itu semakin lengkap dengan acara hiburan yang menghadirkan penyanyi legendaris Koes Plus yang menghibur warga Parittiga dengan lagu-lagu nostalgia.

Keragaman budaya yang ada di Bangka Barat memiliki banyak corak dan jenisnya. Di beberapa kampung memiliki suatu tradisi berbeda-beda yang terlihat dalam bentuk perayaan pesta adat. Begitu juga bagi masyarakat Desa Puput yang memiliki suatu acara tradisi Sembahyang Bulan atau Tiong Chiu.

Menurut Markus, Sembahyang Bulan di Desa Puput sudah menjadi agenda tahunan dari Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, sehingga Pemkab Bangka Barat selalu memberikan bantuan untuk merayakan acara Sembahyang Bulan tersebut. Dia berharap acara Sembahyang Bulan dapat diadakan terus sebagai tradisi yang harus dipertahankan.

“Begitu banyak masyarakat yang hadir dalam acara ini, saya harap agar umat Konghuchu selalu bersyukur menjaga kerukunan, ketertiban serta mengedepankan toleransi antar umat. Tradisi seperti ini harus dipertahankan, dikembangkan, ditingkatkan sebagai bentuk keragaman di Bumi Sejiran Setason yang dapat mendukung kepariwisataan di Bangka Barat” ujar Markus, S.H.

Dalam acara Sembahyang Bulan di Desa Puput ini, selain Wakil Bupati Bangka Barat hadir juga Anggota DPD RI, Bahar Buasan, Anggota DPR RI, Rudianto Tjen, Anggota DPRD Provinsi, Aryanto, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, H. Rozali, Camat Parittiga, Ardi, dan beberapa kepala OPD Kabupaten Bangka Barat serta warga Kecamatan Parittiga dan sekitarnya. (ppid /muhaimin / foto:Azuar)

 

Sumber: 
PPID KAB.BANGKA BARAT
Penulis: 
Muhaimin
Fotografer: 
Azuar
Editor: 
Muhammad Erfan

Berita

07/12/2017 | PPID Kab. Bangka Barat
07/12/2017 | PPID Kab.Bangka Barat
06/12/2017 | PPID Kab.Bangka Barat
06/12/2017 | PPID Kab.Bangka Barat
06/12/2017 | Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Bangka Barat
05/12/2017 | Bagian Komunikasi Humas dan Protokol Bangka Barat
02/12/2017 | Bagian Komunikasi Humas dan Protokol Bangka Barat
30/11/2017 | Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Bangka Barat
30/11/2017 | Komunikasi dan Informatika Bangka Barat