Rapat Bina Pamong di Desa Air Nyatoh H. Parhan: Dana Desa untuk Kemajuan Desa

Muntok (13/10/2017) PPID - Bagi masyarakat Desa Airnyatoh, menjadi suatu penghormatan dikarenakan telah dikunjungi oleh orang nomor satu dan dua di Bangka Barat. Dalam acara rapat Bina pamong Kecamatan Simpangteritip yang bertempat di Desa Airnyatoh, Bupati dan Wakil Bupati Bangka Barat, Drs. H. Parhan Ali, M.M., dan Markus, S.H. hadir secara bersamaan guna bertemu dengan masyarakat Desa Airnyatoh dan sekitar.

Dalam sambutannya, Drs. H. Parhan Ali, M.M. mengungkapkan kegembiraannya bisa bersilaturahmi langsung dengan masyarakat Desa Airnyatoh sehingga bisa mengetahui secara langsung aspirasi atau masukan dari masyarakat untuk pembangunan tersebut.

“Kita bisa mempererat tali silaturahmi dan bertemu langsung dengan masyarakat, sampaikanlah apa yang perlu di perlukan dan diperhatikan untuk kemajuan Desa Airnyatoh,” ungkap Drs. H. Parhan Ali, M.M. di hadapan warga dan perangkat desa yang menghadiri Rapat Bina Pamong di depan Balai Desa Airnyatoh, Kamis (12/10).

Bupati mengingatkan agar dana desa yang selama ini digulirkan oleh Pemerintah dapat digunakan dalam rangka melaksanakan pembangunan di desa, dan dapat digunakan secara benar untuk kepentingan masyarakat.

“Desa di Bangka Barat rata-rata menerima dana desa, bahkan ada beberapa desa yang dana desanya lebih dari satu milyar. Karena itu pengelolaan dana desa harus secara tertib, taat pada peraturan perundang-undangan, efisien, ekonomis, efektif, transparan dan bertanggung jawab berdasarkan prinsip keadilan dan kepatuhan serta mengutamakan kepentingan masyarakat setempat,” kata Bupati Bangka Barat itu.

Drs. H. Parhan Ali, M.M. berpesan kepada masyarakat desa agar mengefektifkan penggunaan dana desa yang selama ini diberikan pemerintah menuju masyarakat sejahtera, dan pembangunan yang merata di desa maupun kota.

“Negeri kita akan sejahtera jika hasil pembangunan dinikmati secara berkeadilan di desa maupun di kota. Kita harap pembangunan desa akan semakin meningkat apalagi dengan dana desa yang terus meningkat setiap tahunnya. Jalan menuju Desa Airnyatoh sudah bagus sekarang, semoga bisa melancarkan pembangunan di Desa Airnyatoh” katanya.

Senada dengan Bupati, Wakil Bupati Bangka Barat, Markus, S.H., menambahkan terkait adanya keluhan dari sebagian masyarakat yang menanyakan tentang pelayanan kesehatan. Dia menyatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Bangka Barat terus meningkatkan pelayanan kebutuhan kesehatan bagi masyarakat.

“Berbagai aturan tentang pelayanan kesehatan, kita mengikuti regulasi dari pusat. Kami tidak ada niat untuk mempersulit masyarakat masalah berobat. Jangan ada puskesmas atau rumah sakit yang menolak pasien, bila menemukan, segera laporkan pada kita,” ujar Markus, S.H.

Acara Bina Pamong dihadiri juga oleh Asisten Pemerintahan dan Sosial, Muhammad Soleh, Camat Simpangteritip, Sumardi, Kepala OPD dan Tripika Kecamatan Simpangteritip, Kades se-Kecamatan Simpangteritip, Anggota BPD, tokoh masyarakat, tokoh agama, dan tokoh pemuda serta masyarakat Desa Airnyatoh.

Acara menjadi lebih meriah dengan diiringi musik dambus khas Desa Airnyatoh yang mempunyai motto “Desa Beler” yaitu Bersih, Aman, Lestari, Elok dan Ramah. Di Desa Airnyatoh ini pula merupakan sentra perikanan di Bangka Barat, di mana hampir 80 persen dari penduduknya bermata pencaharian sebagai nelayan. Hal itu juga terlihat pada sepanjang pantai dipenuhi dengan bagan dan perahu nelayan. (PPID /muhaimin/ foto:tri)

 

Sumber: 
PPID KAB.BANGKA BARAT
Penulis: 
MUHAIMIN
Fotografer: 
TRI
Editor: 
MUHAMMAD ERFAN