12.423 KPM di Bangka Barat Akan Terima Bansos PPKM

Tempilang_Gubernur Bangka Belitung Erzaldi Rosman bersama Forkopimda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung didampingi Wakil Bupati Bangka Barat Bong Ming Ming serahkan bantuan beras dan Bantuan Sosial Tunai (BST) kepada masyarakat Bangka Barat secara simbolis bertempat di Gedung Serba Guna Kecamatan Tempilang, Rabu (28/7/2021).

Gubernur Babel Erzadi dalam sambutannya mengatakan, dengan telah diberlakukannya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 di Kabupaten Bangka Barat sejak tanggal 26 Juli 2021, artinya dalam pelaksanaan kegiatan sosial kemasyarakatan untuk sehari-hari dibatasi, dan masyarakat diharapkan dapat menahan diri untuk tidak berpergian jika tidak penting.

“Pada hari ini pemerintah berkesempatan memberikan bantuan sosial bagi daerah yang memberlakukan PPKM level 4, berupa bantuan beras dari PT. Bulog dan Bantuan Sosial Tunai (BST) yang akan disampaikan melalui PT. POS dan kami ingin memastikan bahwa bansos ini disalurkan dan tepat sasaran,” kata dia.

“Saya berharap bansos ini dimanfaatkan oleh masyarakat untuk kegiatan yang betul-betul bermanfaat, jangan untuk membeli rokok dan ikuti vaksinasi kalau sudah diundang, apalagi sekarang hampir segala urusan harus memperlihatkan sertifikat vaksinasi,” imbuhnya.

Dikesempatan yang sama Wakil Bupati Bangka Barat Bong Ming Ming mengatakan, bantuan sosial ini sangat bermanfaat bagi masyarakat, dan ini merupakan salah satu langkah pemerintah dalam upaya menurunkan PPKM level 4 di Bangka Barat dan diharapkan segera turun menjadi level 1 dan kembali normal.

“Selain itu juga akan dilakukan beberapa hal diantaranya traking cepat terkait penyebaran Covid-19 dengan bekerjasama dengan Tim yang terdiri dari unsur Forkopimda Bangka Barat,” lanjutnya.

Sementara itu terpisah, Kepala Dinsos Bangka Barat Suradi menuturkan bahwa bantuan selama PPKM ini merupakan bantuan penanganan bencana dimana untuk bantuan beras berasal dari cadangan beras pemerintah di PT. Bulog yang akan diberikan kepada 12.423 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kabupaten Bangka Barat, dengan rincian Bantuan Sosial Tunai sebanyak 5591 KK, bantuan Program Keluarga Harapan Non BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai) sebanyak 3150 KK, bantuan beras untuk BPNT Non PKH (Program Keluarga Harapan) sebanyak 3682 KK, dan bantuan ini akan didistribusikan ke 6 kecamatan di Bangka Barat mulai hari ini sampai dengan akhir Juli melalui jasa tranporter PT. DNR (Dos Ni Roha) yang akan didampingi oleh tenaga pendamping sosial disetiap desa.

Hadir dalam acara ini Kapolda Babel, Danrem 045/Garuda Jaya, Kapolres Bangka Barat, Kasi Intel Kejari Bangka Barat, Plt. Asisten Pemerintahan dan Sosial, serta Kepala OPD terkait.

Sumber: 
Diskominfo
Penulis: 
Yogie
Fotografer: 
Virgo
Editor: 
Dony