26 Orang Calon Banpol PP dan Damkar Bangka Barat Ikut Diksar, Sidharta: Disiplin dan Integritas Anggota Harus Ditingkatkan

Sebanyak 26 orang banpol PP dan Damkar mengikuti Diksar (Pendidikan Dasar) selama empat hari sejak dibuka secara resmi pada Selasa, 29 Maret 2022 sampai 1 April 2022.

Diklat bertempat di Kantor Satpol PP dan Damkar Bangka Barat.

26 orang banpol PP dan Damkar ini terdiri dari 6 orang perempuan dan 20 orang laki-laki dan sebelumnya melaksanakan tugas sebagai PHL di OPD.

Kepala Satpol PP dan Damkar Bangka Barat, Sidharta Gautama, S. STP membenarkan hal ini. Dirinya menjelaskan bahwa 26 orang ini sekarang dialihtugaskan dari PHL OPD menjadi Banpol PP dan Damkar.

"Pengalihan tugas ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan SDM di satpol PP dan damkar.untuk diksar ini, pelatihnya berasal dari internal dan eksternal. Internal dari satpol PP dan Damkar yang merupakan pejabat struktural, sedangkan eksternal berasal dari tim kesehatan dari Dinkes dan PMI," jelasnya.

Dirinya juga menjelaskan bahwa kegiatan Diksar dilaksanakan dengan tujuan memberikan pembekalan dasar kepada calon Banpol PP dan Damkar untuk dapat melaksanakan tugas di satpol PP dan Damkar.

"Selain itu sebagai orientasi tugas dan tanggung jawab dan untuk meningkatkan kualitas SDM Banpol PP dan damkar terkait masalah sinergitas, disiplin pelaksanaan tugas, dan loyalitas. Setelah Diksar, secara penugasan untuk masuk menjadi Banpol PP sudah memenuhi syarat," terang Sidharta.

"Harapannya dengan dilaksanakan Diksar ini rekan-rekan yang bergabung dengan satpol PP dapat segera menyesuaikan diri dengan tugas yang baru, meningkatkan kualitas diri dalam melaksanakan tugas. Meningkatkan solidaritas antar sesama anggota karena ini merupakan satuan yang saling berkaitan dalam melaksanakan tugasnya dan tidak bisa dipisahkan," tegasnya.

"Selain itu, anggota baru setelah masa Diksar berakhir dapat melaksanakan tugas dimanapun nanti ditempatkan, di regu atau pleton manapun. Disiplin yang sudah terbangun di tempat lama hendaknya ditingkatkan karena bertugas di satpol PP dan Damkar ini mengandung resiko dan kegiatannya berkaitan dengan hal-hal emergency sehingga menuntut kesiapsiagaan dan kedisiplinan anggota," tutupnya.

Sumber: 
Satpol PP dan Damkar
Penulis: 
Wahyu Pratiwi
Fotografer: 
Satpol PP dan Damkar
Kategori Info Publik: 
Kategori Konten: 

Berita OPDInformasi Tentang Kegiatan-Kegiatan OPD

Berita OPD Berdasarkan Jenis