4100 Bibit Pohon Ditanam di Tahura Bukit Menumbing

DISKOMINFO ( Bangka Barat ) -- Polres Bangka Barat bersama Bupati Bangka Barat melakukan kegiatan penanaman bibit pohon di lahan eks tambang timah di Air kahar Taman Hutan Raya (Tahura) Bukit Menumbing Kecamatan Mentok, Kabupaten Bangka Barat, Jumat _ 24/6/22.

Bupati Sukirman mengatakan lahan sudah di rusak dengan adanya tambang Timah secara liar bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

"Tahura seluas 33 ribu hektar ini akan secara bertahap dilakukan penanaman kembali. Dan pada tahap kedua ini, seluas 5 hektar akan ditanam dengan 4.100 bibit pohon," jelasnya.

"Kita bersama Forkopimda harus kompak agar lingkungan menjadi lestari. Ingat, jangan menambang di tempat yang dilarang, karena semuanya sudah diatur dengan peraturan yang mengikat," tegasnya.

Saat diwawancarai Tim Liputan Diskominfo Bangka Barat, Kapolres Bangka Barat, AKBP Agus Siswanto, mengatakan 5 hektar lahan bekas pertambangan timah ini akan ditanami dengan jenis pohon gaharu, jambu dan kayu putih.

"Nanti untuk perawatan akan dilakukan oleh ormas, seperti Gapoktan dan Kelompok Hutan Tani (KTH) Bukit Menumbing, dan juga Karang Taruna," jelasnya.

"Harapannya dapat mengembalikan lahan yang telah rusak dan tandus menjadi hijau serta produktif kembali," katanya lagi.

Agus juga menegaskan pihaknya siap memberikan tindakan hukum apabila merusak keasrian dari Bukit Menumbing.

"Kita akan tindak tegas dan jangan anggap ini main-main," tegasnya sekaligus menutup wawancara.

Turut hadir Sekretaris Daerah Kabupaten Bangka Barat, Kajari Bangka Barat, Kasat Pol PP Kabupaten Bangka Barat, perwakilan Ketua DPRD Bangka Barat, Plt. Pasi Intel Kodim 0431 Bangka Barat, Kasi Intel Kejari Bangka Barat, Ka Unmet Timah Mentok, Ketua Bhayangkara Polres Bangka Barat beserta anggota, Karang Taruna Bangka Barat, Ketua KTH Pelawan Menumbing, dan Kades setempat.

Sumber: 
Diskominfo Bangka Barat
Penulis: 
Dedra Helen S.AP
Fotografer: 
Lintang Tatang
Editor: 
Wahyu Pratiwi