63 Tenaga Perpustakaan se- Bangka Barat Ikuti Bimtek Pengelolaan Perpustakaan Se-Bangka Barat

Sekretaris Daerah Kabupaten Bangka Barat, Drs. Muhammad Soleh, M. AP., membuka bimbingan teknis (bimtek) bagi pengelola perpustakaan di Kabupaten Bangka Barat bertempat di Gedung Layanan Perpustakan Daerah, Senin, 27 September 2021.

Bimtek ini diikuti sebanyak 63 orang yang terdiri dari pustakawan dan pengelola perpustakaan Desa, Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), serta Pengelola Layanan Perpustakaan Daerah se-Kabupaten Bangka Barat.

Muhammad Soleh sangat mengapresiasi terselenggaranya kegiatan ini sebagai salah satu kegiatan rutin pemerintah Kabupaten Bangka Barat dalam upaya melaksanakan peningkatan mutu SDM khususnya pengelola perpustakaan.

"Diharapkan setelah mengikuti bimtek ini kita akan dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas para pengelola perpustakaan," ujarnya.

"Seperti yang kita ketahui, perpustakaan merupakan pusat terkumpulnya berbagai informasi dan ilmu pengetahuan, baik yang berupa buku maupun bahan rekaman lainnya yang diorganisasikan untuk dapat memenuhi kebutuhan masyarakat pemakai perpustakaan," kata dia.

'Untuk mengimbangi perkembangan perpustakaan yang ada saat ini, pengelola harus siap dan berani mengambil keputusan dalam mengelola sebuah perpustakaan yang disertai dengan perkembangan teknologi," ujarnya.

Dikatakan olehnya, pengelola ibarat manager yang harus bergerak sendiri untuk mengembangkan perpustakaan, terkait dalam hal bagaimana menarik minat baca, bagaimana melayani pemustaka yang baik, dan mengembangkan kemampuannya.

"Informasi yang cepat dan tepat harus tersaji sesuai dengan kebutuhan pemustaka atau pembaca. Pengelola perpustakaan bisa dikatakan sebagai kunci sebuah ruang informasi yang beragam dan dibutuhkan oleh banyak orang. Maka berbanggalah para peserta bimtek dapat mengemban tugas sebagai pengelola perpustakaan, tentunya pengelola perpustakaan yang profesional dan banyak mengetahui berbagai ilmu pengetahuan. Maka dari itu tingkatkan kemampuan diri salah satunya melalui bimtek semacam ini," imbuhnya.

"Besar harapan saya melalui bimbingan teknis bagi pengelola perpustakaan di Kabupaten Bangka Barat ini dapat menghasilkan tenaga-tenaga perpustakaan terampil yang mampu mengelola perpustakaan sesuai dengan prosedur dan mekanisme menurut ketentuan yang berlaku," tutupnya.

Sumber: 
Diskominfo
Penulis: 
Yogie
Fotografer: 
Yogie
Editor: 
Wahyu Pratiwi