Bangka Barat Terima Penghargaan WTP Tiga Tahun Berturut Turut

DISKOMINFO ( Bangka Barat ),Pangkalpinang -- Selama tiga tahun berturut turut, Pemerintah Kabupaten Bangka Barat menerima penghargaan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP)  dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun 2021. Laporan Penyerahan laporan hasil pemeriksaan BPK RI diserahkan langsung oleh Plt.Kepala Perwakilan BPK RI Kepulauan Bangka Belitung, Dr. Arman Syifa, M.Acc., Ak., CSFA. kepada Bupati Bangka Barat, H. Sukirman, SH., bertempat di Gedung Auditorium BPK Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Selasa 07/06/22.

Saat ditemui di ruang Auditorium, Bupati Sukirman menyatakan bahwa capaian ini adalah berkat kepatuhan seluruh pihak di Pemerintah Kabupaten Bangka Barat. 

“Arahan-arahan dari BPK kami patuhi dan lakukan sehingga kali ini kita dapat mengulang WTP untuk yang kesekian kalinya. Namun tak lantas kita berpuas sampai di sini saja. Kawan-kawan harus siap pertahankan dan tingkatkan kualitas yang lebih baik. Terima kasih kepada tim yang selama ini sudah bekerja luar biasa, semoga WTP menjadi inspirasi untuk meningkatkan kualitas kerja,” tutupnya. 

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua DPRD Bangka Barat, Marudur Saragih, S.E., yang juga menyampaikan terima kasih kepada Sekretaris Daerah dan seluruh jajaran dalam menyusun laporan keuangan, laporan kinerjanya sehingga Kabupaten Bangka Barat bisa mempertahankan opini WTP. 

“Ssegala rekomendasi dan catatan yang sudah diberikan BPK agar bisa ditindaklanjuti. Prestasi ini diharapkan menjadi semangat kerja supaya visi dan misi Bangka Barat maju, sejahtera, dan bermartabat bisa tercapai,” tutupnya, 

Turut mendampingi diantaranya Inspektorat dan Kepala BPKAD Bangka Barat. 

Plt. Kepala BPK Perwakilan Babel, Dr. Arman Syifa, M.Acc., Ak., CSFA., menyebutkan bahwa ada tiga kabupaten yang juga mendapat opini WTP yaitu Kabupaten Bangka Barat, Bangka Selatan dan Belitung Timur. 

“Selamat atas capaian ini. Kami apresiasi seting-tinggi kerja keras Pemda dalam menlaporkan pengelolaan keuangan daerah secara akuntabel, transparan dan tepat waktu. 

“Untuk LKPD tahun 2021, berdasarkan hasil pemeriksaan 3 kabupaten yaitu Kabupaten Bangka Barat, Bangka Selatan, dan Belitung Timur mendapat opini Wajar Tanpa Pengecualian, artinya hal-hal yang material itu tidak ada yang mengganggu kewajaran laporan keuangan dan kami mengapresiasi yang setinggi-tingginya atas kerja keras Pemda di dalam mempertanggungjawabkan dan melaporkan pengeleloaan keuangan daerah secara akuntabel, transparan dan tepat waktu,” sebutnya.

Dirinya juga menyebutkan terdapat permasalahan/ temuan yang harus diselesaikan Bangka Barat yaitu proses penyusunan laporan aset tetap yang belum tertib, adanya kekurangan volume belanja modal berupa jalan, irigasi, dan jaringan pada 7 paket pekerjaan pada Dinas PUPR, penghapusan atau pemusnahan aset tetap yang tidak sesuai ketentuan.

“Akan tetapi kami berharap temuan-temuan tersebut dapat ditindaklanjuti dank e depannya semakin berkurang dan menjadi acuan OPD lainnya untuk lebih teliti dalam menyajikan laporan. Semoga kerjasama yang baik ini senantiasa dapat dijalankan dengan berpegang teguh pada nilai-nilai profesionalisme dan integritas. Dan kepada Bupati dan DPRD serta jajaran untuk segera menindaklanjuti LKPD ini. Kami akan tetap memantau pelaksanaannya,” tutupnya.

Sumber: 
Diskominfo Bangka Barat
Penulis: 
Erwin Saputra S.E
Fotografer: 
Lintang Tatang
Editor: 
Wahyu Pratiwi