Bupati Sukirman: Kepada TRC BPBD Bangka Barat, Tetap Siaga, Laksanakan Perintah dengan Disiplin

Mentok – Pada hari Kamis, 30/6/22, Bupati Bangka Barat, H. Sukirman, S.H. meninjau dan memberikan arahan kepada 33 Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kabupaten Bangka Barat yang mengikuti Pendidikan dasar (DIKSAR) sejak Senin, 27 Juni 2022 lalu di Pantai Batu Rakit Mentok. 

Tujuan dilakukannya Diksar Kepada TRC BPBD adalah untuk meningkatkan kompetensi, wawasan dan keterampilan dalam upaya penanggulangan bencana di Kabupaten Bangka Barat. 

Dalam arahannya, Bupati Sukirman menyampaikan terima kasih kepada TRC yang sudah mengikuti Diksar tahap I ini. 

“Kawan-kawan yang mengikuti Diksar ini adalah garda terdepan dalam mengatasi bencana. Harus tetap siaga jika sewaktu-waktu dibutuhkan. Tidak kenal lelah walau libur. Yang terpenting adalah disiplin. Laksanakan tugas sepenuh hati, insyaallah manfaatnya akan sangat luar biasa,” katanya. 
 
"Ikuti apa yang disampaikan atasan kalian, bekerjasama dengan baik jangan pernah sibuk mencari kekurangan atau kesalahan orang lain tetapi isilah kekurangan teman-teman itu. Cintai pekerjaan kalian, mudah-mudahan setiap tetes keringat yang dikeluarkan akan Allah SWT balas dengan faedah yang bermanfaat untuk diri sendiri dan keluarga," tutupnya.

Sementara itu, Kepala BPBD Bangka Barat, Achmad Nursandi, S. Far., Apt., MPH. menjelaskan bahwa selama tiga hari Diksar, peserta diberikan beberapa materi, mulai dari respon pertama Medical First Response (MFR), cara tim reaksi cepat melakukan penyelamatan di air.

“Banyak sekali pelajaran yang diberikan oleh Pos SAR Mentok untuk kawan-kawan BPBD. Sebanyak 33 orang  peserta ini terdiri dari 6 orang perempuan dan 27 orang laki dan instrukturnya berasal dari Pos SAR Mentok berjumlah 5 orang," tutupnya.

Supani, Koordinator Pos SAR Mentok mengatakan dia ditugaskan membantu dalam pelaksanaan Diksar Tingkat I TRC BPBD Bangka Barat.

"Kebetulan kita Basarnas dari unit siaga SAR Mentok yang berada di wilayah Pemda Bangka Barat dan kita ditugaskan disini sebagai starter dalam kegiatan diksar angkatan pertama di BPBD Bangka Barat. Jadi materi yang kami sampaikan ini berhubungan dengan keterampilan, kita ajarkan cara membuat tali temali simpul, pembuatan sistem untuk evakuasi, penanganan pertama untuk korban yang mengalami luka cidera ringan, penanganan korban yang mengalami henti nafas dan henti jantung," Tambah Supani.

Tidak hanya sebatas pengetahuan dan keterampilan saja, Supani juga menyebutkan kegiatan ini juga di selingi dengan kegiatan untuk menempah Mental dan Fisik para peserta Diklat. 

"Kami juga isi kegiatan dengan run swim run renang 200M, lari 200M, ada kesemaptaan pagi . hal yang kami tegaskan kepada kawan-kawan BPBD adalah kedisiplinan, mental dan fisik. Harapannya setelah dilakukannya kegiatan Diksar ini mereka yang berjumlah 33 orang ini mempunyai mental, fisik, pengetahuan dan keterampilan kuat sebagai penunjang kelengkapan sebuah pekerjaan yang ada di  TRC,” Harapnya.

Sumber: 
Diskominfo Bangka Barat
Penulis: 
Arif
Fotografer: 
Tatang
Editor: 
Wahyu Pratiwi