Bupati Sukirman Lakukan Jumat Bersih Bersama Masyarakat di Bozem Mentok

Bangka Barat _  Bupati Bangka Barat, H. Sukirman, SH., bersama masyarakat kp. Teluk rubiah  Laut laksanakan gerakan  Jumat Bersih ( Jumsih) di Kampung Iklim ( Bozem),  Jumat _ 14/1/22.
 
Dalam kegiatan tersebut, Bupati Sukirman mengimbau  kepada RT/RW dan masyarakat yang ada agar setiap Minggu dan bahkan setiap hari lingkungan harus dibersihkan.
 
“Apalagi sekarang Demam Berdarah (DBD) sedang marak terjadi dan bisa menyerang siapa saja, baik anak-anak dan orang dewasa bisa terkena DBD, "ujarnya.
 
"Pemerintah Daerah Kabupaten Bangka Barat  akan memperhatikan dan mendata ulang kembali UMKM. dan pondok-pondok yang kurang bagus akan diperbaiki agar enak di pandang mata dan menarik minat pengunjung yang datang,” katanya.
 
" Yo mari kita sama sama gotong royong membersihkan tempat -tempat yang banyak genangan air dan sampah,” ujarnya. 
 
"Kampung iklim ini sangat indah dan bagus kalau di  tata dan di rawat, dengan begitu bisa menarik wisatawan dengan potensi wisata yang sangat bagus. Seperti UMKM nya  akan kita tata lagi lebih bagus dan rapi , sediakan tempat sampah agar tempat kita sehat badan kita juga sehat,” sambungnya. 
 
Sukiman juga mengajak para pemuda - pemudi, forum ormas, AMPG, di bantu Pasukan Kuning dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bangka Barat,  serta masyarakat  untuk dapat bekerja sama dan kompak selalu dalam menjaga lingkungan.
 
“Mudah-mudahan dengan kekompakan ini  akan menjadikan Bangka Barat Maju, sejahtera dan bermartabat,” tutupnya. 
Selain itu Bupati Bangka Barat juga berdialog  bersama masyarakat sekitar dan akan menjadikan sebagai kegiatan rutin pada hari jumat.
 
Pada kesempatan yang sama, Kepala Puskesmas Mentok, Harianto menuturkan JBJ atau biasa disebut Jumat Berantas Jentik merupakan bentuk gotong royong  Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)  hidup di tatanan rumah tangga sekitarnya.
 
 Harianto juga berkata kasus DBD saat ini di Bangka Barat  sudah sangat tinggi dan dipengaruhi curah hujan yang tinggi.
 
“Dari panas ke hujan dapat menyebabkan nyamuk DBD berkembang biak. Oleh karena itu mari kita cegah DBD dengan 5 M plus dimana pandemi covid 19 masih melanda. Untuk  itu tetap jaga protokol kesehatan,” katanya. 
 
Turut hadir juga  Sekretaris Daerah Kabupaten Bangka Barat, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Camat Mentok, Lurah Tanjung, Ketua BNK Bangka Barat, Ketua PKK Kecamatan Mentok, serta RT/RW.
 
Sumber: 
Diskominfo
Penulis: 
Dedra
Fotografer: 
Novie
Editor: 
Wahyu Pratiwi