Bupati Sukirman Serahkan Bantuan Hibah Alat Kesenian kepada 12 Sanggar Seni di Bangka Barat

Mentok_Bupati Bangka Barat, H. Sukirman, SH., menyerahkan bantuan hibah alat kesenian tahun anggaran 2021 bertempat di Restoran Rumah Keboen Mentok, Senin, 25 Oktober 2021. Dalam hal ini Bupati Sukirman sekaligus membuka secara resmi pelatihan pemandu wisata buatan pada giat tersebut.

Hadir dalam acara tersebut Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, narasumber, para peserta pelatihan dan pewakilan 12 sanggar seni.

Dalam sambutannya, Bupati Sukirman mengatakan dengan adanya penyerahan hibah alat kesenian diharapkan dalam memberikan dorongan maupun semangat berkarya kepada seniman secara pribadi dan kepada organisasi kesenian secara umum.

“Dalam hal ini, organisasi kesenian diharapkan lebih mampu membina dan mengembangkan kreativitas berkarya di bidang seni masing-masing,” katanya.

Selain itu, dirinya juga menambahkan bahwa pelaksanaan pelatihan pemandu wisata dapat membawa dapat membawa dampak positif dalam upaya memperluas jangkauan promosi wisata di Bangka Barat.

“Kita banyak spot-spot wisata yang bagus dan menarik yang harus kita tata mulai sekarang,” tutupnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bangka Barat, Muhammad Ali, dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan pelatihan ini merupakan salah satu satu upaya untuk mendukung peningkatkan kualitas dan pelayanan para pemandu wisata buatan sekaligus membuka peluang dan wawasan bagi para peserta pelatihan.

“pelatihan diikuti oleh 40 orang. Diharapkan para peserta pelatihan ini mampu menerapkan dasar kepemanduan dan dapat memberikan pelayanan prima kepada wisatawan baik wisatawan nusantara maupun wisatawan manca Negara,” ujarnya.

Lebih lanjut Muhammad Ali menjelaskan bahwa pemberitan bantuan kepada sanggar seni tersebut merupakan bentuk dukungan pemerintah agar kesenian daerah tetap terus ada, hidup dan berkembang.

“Pada saat ini ada 90 sanggar seni yang ada di Bangka Barat yang telah terdaftar dan yang baru menerima bantuan alat kesenian sekitar 34 sanggar seni,” ungkapnya.

“Bapak Bupati sangat memerhatikan pembangunan pariwisata dan kebudayaan yang ada di Bangka Barat. Beliau ingin seluruh sanggar yang ada di Bangka Barat menerima bantuan alat kesenian dari pemerintah Kabupaten Bangka Barat sehingga nanti pariwisata Bangka Barat dapat ditunjang dengan kebudayaan yang semakin maju dan berkembang demi mewujudkan Bangka Barat yang maju, sejahtera dan bermartabat,” tutupnya.

Sumber: 
Diskominfo
Penulis: 
Dony
Fotografer: 
Virgo
Editor: 
Wahyu Pratiwi