Bupati Sukirman Serahkan Dua Kunci Rumah dan Apresiasi Aksi RESAM Peduli

Kelapa-  Bupati Bangka Barat, H. Sukirman, S.H., bersama Dandim 0432/ Bangka Barat, Letkol. Inf. Deri Indrawan menyerahkan kunci rumah kepada Nenek Rogayah di Desa Kelapa dan Bapak Izhar di Desa Sinar Sari Kecamatan Kelapa, Jumat 27/05/22.

Kondisi rumah Nenek Rogayah sebelum direnovasi cukup memprihatinkan. Dinding dan tiangnya sudah lapuk, atapnya pun hanya menggunakan daun nipah yang sudah rusak. Adapun rumah Bapak Izhar pada Januari 2022 lalu ludes akibat musibah kebakaran. 

Rumah yang bertempat di Kecamatan Kelapa ini dibangun melalui penggalangan dana yang diinisiasi oleh Relawan Aksi Sosial Kemanusiaan (RESAM) melalui program Resam Peduli berkolaborasi dengan Forkopimda Bangka Barat. RESAM adalah komunitas yang berdiri pada pertengahan tahun 2020 yang bergerak di bidang kemanusiaan. 

Bupati Sukirman mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Forkopimda Bangka Barat, Komunitas Resam, Dinas Sosial Provinsi Bangka Belitung dan masyarakat Kelapa yang sukses membantu dalam pembangunan rumah Bapak Izhar dan Nenek Rogayah. 

“Dengan adanya bantuan swadaya ini semoga dapat meringankan beban masyarakat dalam meningkatkan kualitas rumah, sehingga rumah tidak layak huni di Kabupaten Bangka Barat dapat berkurang secara bertahap dan mudah-mudahan kerjasama yang baik antara pemerintah kecamatan, kelurahan dengan masyarakat ini terus terbangun,” tukasnya.

Bupati Sukirman juga meminta kepada RESAM Peduli dan Karang Taruna untuk lebih meningkatkan kegiatan kemanusiaan lainnya, misalnya donor darah yang diwadahi oleh PMI yang cabang-cabangnya sudah tersedia di kecamatan dan kelurahan.

“Untuk menunjang kesehatan dan pengobatan masyarakat, Pemkab. Bangka Barat dalam waktu dekat akan menyediakan sarananya dan cara pengelolaan untuk kendaraan Ambulance, pihak Rumah sakit tidak boleh membebankan biaya angkutan ambulance kepada warga. Ambulance yang ada harus tersedia dan siap dipakai,” tegasnya.

Camat Kelapa meyebutkan bahwa RESAM peduli ini juga beraktifitas memberikan manfaat dalam kesehatan masyarakat setempat terkait penanganan Covid 19 dan demam berdarah.

“Ini adalah suatu bentuk kerjasama kita dengan pemerintah sesuai dengan kepentingan masyarakat itu sendiri,” tambahnya.

“Jadi kami sangat mendukung kegiatan semacam ini, RESAM Peduli tidak hanya dalam rangka pembangunan rumah-rumah masyarakat kurang mampu, namun juga mendukung mempercepat pengobatan bagi warga yg sakit dan dalam kegiatan itu didampingi oleh Forkopimda kecamatan,” tukasnya.

“Kami harapkan dukungan penuh warga setempat maupun instansi pemerintah terkait untuk meningkatkan kemampuan RESAM Peduli dalam rangka menggerakkan partisipasi masyarakat,” tutupnya.

Terkait pembangunan rumah ini, Ketua Komunitas RESAM, Jamaludin, menjelaskan unsur dana  didapatkan dari sumbangan masyarakat.

"Ada dari donatur dan ada juga dari instansi Pemerintah. Untuk pembangunan rumah layak huni kami dari RESAM Peduli dan unsur terkait baru membangun 3 buah rumah, yang satu di Dusun Ganjan dan dua di Sinar Sari," jelasnya.

"Kami juga atas nama Komunitas Resam sangat berterima kasih kepada para donatur dan Pemdes setempat atas dukungan dan bantuannya. Kendala kami hanya pada tidak adanya mobil operasional untuk membawa pasien ke rumah sakit. 

"Akan tetapi, untuk masalah administrasi di rumah sakit di dalam Kabupaten Bangka Barat baik di puskesmas Kelapa maupun RSUD Mentok alhamdulilah sangat mudah dan terbantu. Insyaallah kami tetap semangat berjuang demi kemanusiaan," tutupnya. 

Bupati Sukirman menyerahkan Sertifikat penghargaan kepada Ketua RESAM Peduli beserta anggota sebagai tanda terimakasih dari  Pemkab. Bangka Barat.

Acara turut dihadiri KadinsosPMD Babel, Kepala BPBD Babel, Kepala OPD Babar, Pimpinan PT. Timah Muntok, Camat Kelapa, Kapolsek Kelapa, Danramil 0431 Kec. Kelapa, atau yang mewakili, anggota komunitas RESAM, Tokoh Agama, dan  Tokoh Masyarakat.

Sumber: 
Diskominfo Bangka Barat
Penulis: 
Erwin
Fotografer: 
Tatang Suhanta
Editor: 
Wahyu Pratiwi