Desa Sekar Biru Raih Juara I Lomba Desa Tingkat Provinsi Babel Tahun 2022

Setelah melakukan paparan pada 12 April 2022 lalu di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan menjadi lokus penilaian lapangan pada tanggal 14 April 2022 oleh tim penilai Provinsi Babel, Desa Sekarbiru ditetapkan menjadi juara I lomba Desa Tingkat Provinsi Babel dan berhak mewakili Babel ke tingkat nasional. (Senin, 9/5/2022)
 
Hadiah diserahkan langsung oleh Gubernur Bangka Belitung, Erzaldi Rosman dan dihadiri oleh Kepala Dinas Sosial Babel, Kepala Bakuda dan perwakilan pemerintah desa dan kelurahan se-Provinsi Bangka Belitung. 
 
Indikator penilaian lomba mengacu pada Permendagri Nomor 81 Tahun 2015 yaitu penilaian bidang pemerintahan desa dan kelurahan yang meliputi aspek pemerintahan, kinerja, inisiatif dan kreativitas dalam pemberdayaan masyarakat, aspek pemanfaatan teknologi informasi berbasis digital serta aspek pelestarian adat budaya. Selain itu, bidang kewilayahan desa dan bidang kemasyarakatan desa dan kelurahan juga tidak luput dari penilaian dimana identitas, batas, inovasi desa, pengaturan investasi, partisipasi masyarakat, lembaga kemasyarakatan, pemberdayaan kesejahteraan keluarga, keamanan, ketertiban dan pendidikan juga dinilai dalam lomba. 
 
Dan Desa Sekar Biru ditetapkan menjadi juara I. Kepala Desa Sekar Biru, Erwin, menyampaikan terima kasih dan sangat bersyukur atas pencapaian ini. 
 
“Ini semua tak luput dari kerja sama dan kerja keras dari seluruh lapisan masyarakat sehingga inovasi yang dilakukan bisa berdampak pada perkembangan desa dan pelayanan kepada masyarakat bisa lebih optimal. Dengan maksimalisasi penerapan digital ke dalam penyelenggaraan pemerintahan, durasi pelayanan kepada masyarakat dapat dipersingkat sehingga insyaallah menjadi lebih efektif dan efisien,” ungkapnya. 
 
“Dengan pelayanan online, masyarakat dapat dengan mudah mengurus surat menyurat tanpa harus antre. Selain itu, kami juga sudah menerapkan inovasi pembuatan pupuk organik cair yang berasal dari limbah dan berbasis total organik,” kata Erwin dilansir dari bangkapos.com. 
 
Tak lupa dirinya mengimbau kepada masyarakat untuk tetap bersemangat dan memperkuat SDM dan seluruh unsur pendukung untuk menjadikan desa-desa di Bangka Barat semakin maju dan berprestasi.
 
Adapun para pemenang masing-masing kategori pada lomba desa dan kelurahan tingkat provinsi Bangka Belitung tahun 2022 yaitu:
Kategori desa:
1. Desa Sekar Biru, Kecamatan Parittiga, Kabupaten Bangka Barat
2. Desa Suak Gual, Kecamatan Selat Nasik, Kabupaten Belitung, 
3. Desa Mentawak, Kecamatan Kelapa Kampit, Kabupaten Belitung Timur
Kategori Kelurahan:
1. Kelurahan Jelitik, Kecamatan Sungailiat Kabupaten Bangka
2. Kelurahan Bukit Besar, Kecamatan Girimaya, Kota Pangkalpinang
3. Kelurahan Kota, Kecamatan Tanjung Pandan, Kabupaten Belitung
Sumber: 
Desa Sekar Biru
Penulis: 
Wahyu Pratiwi
Fotografer: 
Desa Sekar Biru
Kategori Info Publik: 
Kategori Konten: 

Berita OPDInformasi Tentang Kegiatan-Kegiatan OPD

Berita OPD Berdasarkan Jenis