Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Bangka Barat Selenggarakan Pelatihan Pengelolaan Desa Wisata

Bangka Barat _Pemerintah Kabupaten Bangka Barat melalui Dinas Pariwista dan Kebudayaan melaksanakan Pelatihan Pengelolaan Desa Wisata Kabupaten Bangka Barat tahun 2021 bertempat di ruang Aula Restoran Rumah Kebun Mentok pada Selasa, 12/10/21. Sebanyak 40 peserta ikut dalam kegiatan yang di buka secara resmi oleh Wakil Bupati Bangka Barat, Bong Ming Ming, S.E ini.

Dalam sambutannya Bong Ming Ming menuturkan bahwa dalam membangun kepariwisataan, Pemerintah Kabupaten Bangka Barat tidak bisa melakukan sendiri, namun perlu dukungan masyarakat dan seluruh stakeholder di bidang kepariwisataan. “Motivasi dalam pengembangan kepariwisataan dibutuhkan, perlu dilakukan misi untuk mengelola potensi wisata dan masyarakat harus menyadari akan hal itu," katanya. "Diharapkan peserta yang hadir hari ini bisa memahami nilai nilai kearifan lokal( Lokal Wisdom) yang mana saat ini mengalami kepunahan akibat arus globalisasi. Pengelolaan yang baik diharapkan dapat mewujudkan visi Bangka Barat maju, sejahtera dan bermartabat,” katanya. "Jika sudah begitu, maka akan dapat menarik minat wisatawan lokal dan dari luar dengan tetap mematuhi protokol kesehatan," tutupnya.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bangka Barat mengatakan dengan mengusung semangat kebersamaan khas masyarakat Desa diharapkan pelatihan ini dapat memberikan kontribusi positif buat tumbuh kembang pariwista berbasis masyarakat di bumi sejiran setason ini. “Mari kita bersama sama menjaga, mencintai, menghargai, serta mempromosikan potensi pariwisata di Kabupaten Bangka Barat agar dapat di kenal ke seluruh penjuru dunia," katanya. Bertindak sebagai narasumber adalah Kepala Bidang Destinasi dan Pemasaran Dinas Pariwisata Kebudayaan dan Kepemudaan Olahraga Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Turut hadir dalam kegiatan diantaranya Praktiksi Desa wisata, Akademisi Pusat Studi Budaya, Peradaban, Pariwisata dan Kajian Halal LPPM UBB, serta awak media.

Sumber: 
Diskominfo
Penulis: 
Wulan
Fotografer: 
Dedra
Editor: 
Wahyu Pratiwi