Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Bangka Barat terima kunker Komisi 1 DPRD Bangka Tengah

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bangka Barat didampingi Kabid Layanan dan Kerjasama serta Kabid Deposit, Pengembangan dan Pengolahan Bahan Pustaka, menerima Kunjungan Kerja Dari Komisi I DPRD Kabupaten Bangka Tengah.

Kunjungan kerja tesebut erat kaitannya dengan Peran Perpustakaan dalam Meningkatkan Sumber Daya Manusia.

Dalam kunjungan tersebut turut hadir Wakil Ketua Komisi I DPRD Kab. Bangka tengah, H. Habibullah H.A. Hijazi, S.H., beserta 4 anggota lainnya, serta Setwan Kab. Bangka Tengah Bapak Jauhari beserta staf.

Kegiatan yang berlangsung hari Selasa, 16 November 2021 bertempat di Gedung Layanan Perpusda Bangka Barat, Pal 2 Muntok dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kab. Bangka Barat, Drs. Ismantho.

H. Habibullah selaku Ketua Rombongan, mengucapkan terima kasih atas sambutan dan menyempatkan waktu menerima kedatangan mereka. Beliau juga mengatakan bahwa perpustakaan yang megah di Prov. Kep. Bangka Belitung hanya ada di Bangka Barat.

“Strategi apa yang dibuat Bangka Barat sehingga mendapatkan gedung yang megah ini”, ucapnya.

Sambutan dilanjutkan dengan acara sharing tentang penyelenggaraan perpustakaan dan kearsipan. Drs. Ismantho menjelaskan bahwa untuk mendapatkan gedung ini, banyak hal yang harus dilaksanakan, diantaranya adanya kerjasama antara eksekutif dan legislatif, gedung layanan perpusda Bangka Barat saat ini juga belum difungsikan secara maksimal, untuk administrasi masih berada di gedung yang lama, hal ini disebabkan belum terpenuhinya perabotan dan peralatan pendukung lainnya. 

“Untuk memenuhi perabotan dan peralatan lainnya, APBD belum bisa memenuhinya, sehingga mengajukan ke pusat melalui dana DAK, dan tahun 2022 alhamdulillah Bangka Barat mendapatkannya“, tambah Ismantho

“Dalam meningkatkan minat baca, tidak hanya pemerintah yang berperan serta, namun harus didukung oleh stakeholder, tokoh masyarakat dan yang paling utama adalah orang tua atau keluarga”, jelas Ismantho.

Sementara itu, Maryam, SH., MH., anggota DPRD Bangka Tengah menyatakan bangga dengan perpustakaan Bangka Barat. Harapannya agar dapat semakin meningkatkan literasi di Bangka Barat, khususnya.

Sumber: 
Diskominfo
Penulis: 
Karlena Yulia
Editor: 
Wahyu Pratiwi