Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Serahkan Laporan Audit Kearsipan Internal Kepada 10 OPD

Mentok_ Bertempat di Ruang Operasional Room II Sekretariat Daerah, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan menyerahkan Laporan Audit Kearsipan Internal kepada 10 OPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Senin (22/11/21).

Ketua pelaksana, Farouk Yohansyah, ST, menyebutkan bahwa tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah pengelolaan arsip dinamis Kabupaten Bangka Barat Tahun Anggaran 2021 berupa pengawasan kearsipan internal yaitu untuk melihat dan mengukur kesesuaian antara aturan-aturan yang berlaku tentang kearsipan dengan pelaksanaan kearsipan yang dilaksanakan di masing-masing OPD.

Dalam sambutannya, kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan yang diwakili oleh sekretaris Dinas, Rino, menyebutkan bahwa pelaporan Audit Kearsipan Internal (LAKI) ini sudah berjalan selama 3 tahun dari tahun 2019.

"Setiap tahun kami melakukan evaluasi ini dan sudah menjadi tupoksi kami lembaga kearsipan untuk membina kearsipan yg ada di bawah lingkungan pemerintahan Kabupaten Bangka Barat, sekolah, desa dan kecamatan," katanya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Bangka Barat, Drs. Muhammad Soleh, M.AP dalam sambutannya mengatakan memang kadang-kadang kearsipan dipandang sebelah mata apalagi arsip dinamis.

"Arsip sangat penting. Dan Kabupaten Bangka Barat terhadap arsip sendiri sudah ada peningkatan. Hal ini dibuktikan dengan adanya penambahan peningkatan struktur kearsipan perpustakaan Bangka Barat dari ke tipe B ke tipe A. Ini salah satu bentuk komitmen bahwa arsip itu penting dan dibutuhkan," ucapnya.

LAKI diserahkan oleh Sekretaris Daerah kepada 10 OPD, diantaranya Dinkes, DPU PR, BKPSDMD, Setda, Setwan, Kecamatan Jebus, Parittiga, Kelapa, Tempilang dan Mentok.

Sumber: 
Diskominfo
Penulis: 
Devi
Fotografer: 
Erwin
Editor: 
Wahyu Pratiwi