Dinkes Babar Undang Lintas Sektor Bahas Persiapan PID

Bertempat di ruang rapat Dinas Kesehatan Bangka Barat, Sekretaris Dinkes bersama Sekretaris Diskominfo, kepala bidang, pengelola program dan kepala puskesmas di Bangka Barat membahas tentang persiapan Pekan Imunisasi Dunia (PID) yang bertema “Sehatkan Keluarga Lewati Pandemi dengan Imunisasi Lengkap”, Rabu, 6/4/22. 

Tujuan dari PID ini adalah meningkatkan pengetahuan dan kesadaran akan nilai penting dan manfaat imunisasi untuk kesehatan anak-anak dan masyarakat dunia, mengatasi kesenjangan cakupan dan melakukan akselerasi cakupan imunisasi melalui peningkatan investasi program. Selain itu, PID menyampaikan bahwa imunisasi rutin lengkap merupakan dasar untuk sistem kesehatan yang kuat, tangguh dan cakupan kesehatan universal. 

Kepala bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Dinas Kesehatan Bangka Barat, M. Putra Kusuma, data WHO menunjukkan bahwa 23 juta anak belum mendapat imunisasi dasar. Di Indonesia sendiri terjadi penurunan yang signifikan dan berbanding lurus dengan kondisi covid-19. 

PID di Kabupaten dilaksanakan melalui berbagai kegiatan diantaranya advokasi, penyebarluasan informasi, dan kemitraan yang berlangsung tanggal 16-22 April 2022 dengan tanggal 22 adalah puncak peringatan PID. 

Sekretaris Dinas Kesehatan, dr. Hendra, menyebutkan bahwa dengan melihat kondisi capaian imunisasi tersebut harus dicarikan solusinya sehingga penyakit-penyakit yang bisa dicegah dengan imunisasi (PD3I) bisa diselesaikan.

"Terutama puskesmas dibutuhkan peran sertanya dalam menarik partisipan untuk mensukseskan imunisasi," katanya. 

"Dalam hal ini, perlu upaya lintas sektor dan lintas program untuk mengupayakan maksimalisasi capaian. Melalui rapat ini kita inventarisasi hal-hal apa yang bisa kita maksimalkan untuk mensukseskan imunisasi terutama pada peringatan PID ini. Fokusnya adalah imunisasi dasar lengkap, sampai imunisasi campak 9 bulan," tutupnya.

Sumber: 
Dinkes
Penulis: 
Wahyu Pratiwi
Kategori Info Publik: 
Kategori Konten: 

Berita OPDInformasi Tentang Kegiatan-Kegiatan OPD

Berita OPD Berdasarkan Jenis