Disdukcapil Bangka Barat Jemput Bola Perekaman dan Penerbitan Dokumen Kependudukan bagi Penyandang Disabilitas

Bertempat di SLB Negeri Mentok, Disdukcapil Bangka Barat jemput bola perekaman dan penerbitan dokumen kependudukan bagi penyandang disabilitas, Kamis, 14/4.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka pencanangan gerakan bersama untuk penyandang disabilitas secara nasional di Lampung dengan tujuan untuk membangun masyarakat inklusif di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan se-wilayah I Sumatera.

Melalui zoom meeting, pelaksanaan kegiatan yang merupakan puncak kegiatan Gerakan Bersama ini disaksikan langsung oleh Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil dan Staf khusus Kepresidenan.

Sebanyak 39 anak menjadi sasaran kegiatan ini.

Kepala Disdukcapil Bangka barat, Muhammad Kaidi, SE., menjelaskan bahwa selain di SLB hari ini, pihaknya juga sudah melakukan jemput bola perekaman dan penerbitan dokumen kependudukan di Teluk Rubiah dan Tanjung Kalian.

“Ya, sebelumnya sudah kita lakukan jemput bola dengan sasaran masyarakat. Sejak tahun 2019 kita sudah melakukan hal yang sama kepada penyandang disabilitas dan itu merupakan kerjaan rutin. Hari ini kita bertepatan dengan pencanangan Gerakan Bersama di Lampung,” jelasnya.

“Khusus untuk penyandang disabilitas, ke depan secara berkesinambungan akan kami lanjutkan dengan jemput bola ke masyarakat dengan bekerjasama dengan Dinas Sosial. Kami juga akan berkoordinasi dengan Kades untuk memfasilitasi ini. Kami senantiasa mendukung program Dukcapil pusat dalam pemenuhan hak penyandang disabilitas yang belum memiliki dokumen kependudukan,” tutupnya.

Penulis: 
Wahyu pratiwi
Fotografer: 
Erwin