DP2KBP3A Bangka Barat Fasilitasi Pelaksanaan Grand Final Pemilihan Duta Genre Tahun 2022

DP2KBP3A Kabupaten Bangka Barat memfasilitasi sekaligus berperan sebagai Pembina dalam ajang pemilihan Duta Genre Tahun 2022 dengan tema “Berani Beraksi dan Berkolaborasi mengadapi 5.0”. Sejak awal bulan April, pemiihan Duta Genre sudah dimulai dengan dilaksanakannya seleksi administrasi, wawancara, dan grand final.

Genre adalah singkatan dari generasi Berencana dengan slogan Triad KRR yaitu “Katakan tidak pada pernikahan dini, pergaulan bebas dan Napza” yang selanjutnya diimplementasikan di daerah masing-masing.

Rohil Agatha Lusia, Juara 2 Duta genre 2021 dan juga sebagai Ketua Pengurus Genre Cabang Bangka Barat menerangkan bahwa total peserta 25 orang.

“Dari seleksi administrasi yang lolos 23 orang untuk mengikuti tahapan selanjutnya yaitu seleksi wawancara. Adapun 2 orang yang tidak lolos karena usia, baik yang sudah lewat batas ataupun yang belum sampai usia yang disyaratkan. Dari seleksi wawancara, 15 orang berhak mengikuti tahapan selanjutnya, yaitu challenge “Genre 60 detik” dimana para finalis melakukan speech tentang genre dan diupload di Ig atau tiktok dan didapatlah top 5 (5 pasang finalis),” terang Agatha.

Dirinya juga menerangkan bahwa sebelum pelaksanaan grand final, top 5 mengikuti tes tertulis untuk mendapatkan Duta Intelegensia. Dan pada grand final, para finalis menyampaikan program kerja unggulan dan teknis pelaksanaannya jika terpilih menjadi Duta Genre.

“Alhamdulillah tahun ini adalah tahun dengan peserta mendaftar terbanyak dan pelaksanaan terbesar karena Pengurus Genre Bangka Barat baru terbentuk. Kepada Duta Genre terpilih nanti harapannya bisa berperan dalam menurunkan angka stunting dan pernikahan dini di Bangka Barat, berkomitmen, dan berkolaborasi dalam menjalankan program kerja dengan pengurus genre cabang Bangka Barat,” katanya.

“Genre sangat penting. Harapannya, informasi tentang genre dapat sampai ke remaja dan masyarakat. Dalam mensukseskan visi dan misi genre, peran orang tua sangat penting.

Kepala DP2KBP3A, Suwito, SE., mengatakan bahwa sesuai dengan tema kegiatan, generasi muda harus mengetahui dan mengembangkan potensi diri sesuai karakter sehingga dapat berdaya saing di masa yang akan datang dengan tetap mempedomani 8 fungsi keluarga.

Bertindak sebagai Dewan Juri diantaranya pihak BKKBN Provinsi Babel, Sekdin DP2KBP3A Bangka Barat, Duta Genre Provinsi Babel tahun2019, dan Duta Genre Bangka Barat Tahun 2019.

Adapun hasil pemilihan Duta Genre Bangka Barat Tahun 2022 adalah sebagai berikut:

  1. Duta Genre Inovator Program : Jelita Agustin, Kategori Jalmas dari Desa Peradong
  2. Duta Intelegensia: Owen Valentino, Kategori Jalpen dari SMAN 1 Simpang Teritip
  3. Duta genre Putra 1: Aldian Kurniawan Saputra, Kategori Jalpen dari SMKN 1 Muntok
  4. Duta genre putri 1: Rizki Maida Anada, kategori Jalpen dari MAN 1 Bangka Barat
  5. Duta genre putra 2: Hari Permata Anatara, kategori Jalpen dari SMP Muhammadiyah
  6. Duta genre putrid 2: Karina, kategori Jalpen dari SMAN 1 Jebus
  7. Duta genre putra 3: Fahrur Rozy, kategori Jalmas dari Desa Air Putih Dusun Jungku
  8. Duta genre putri 3: Chantika Dinah Putri, kategori Jalmas dari Universitas Negeri Yogyakarta.

 

Sumber: 
Diskominfo Bangka Barat
Penulis: 
Wahyu Pratiwi
Fotografer: 
Dedra
Kategori Info Publik: 
Kategori Konten: 

Berita OPDInformasi Tentang Kegiatan-Kegiatan OPD

Berita OPD Berdasarkan Jenis