FGD Tata Kelola Pertambangan Timah Lintas Sektoral

DISKOMINFO ( Bangka Barat ) -- Kapolres Bangka Barat dengan bersama Wakil Bupati Bangka Barat mengikuti Focus Group Discussion (FGD) dengan tema "Tata Kelola Pertambangan Timah Guna Menjaga Kelestarian dan Kesejahteraan Masyarakat di Provinsi Kep. Bangka Belitung dalam Rangka Mewujudkan Pembangunan Berkelanjutan" secara virtual di  gedung Jend.Moch Hasan Polres Bangka Barat, Selasa _ 6/21/22.

Dalam  sambutannya Kapolda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Irjen Pol Drs. Yan Sultra I, SH berkata pengaruh penambangan timah secara liar di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sangat memprihatinkan karena membuat lingkungan rusak.

" Dalam mengelola ekosistem lingkungan dari kegiatan pertambangan  masih terbilang kurang efektif, masih banyak lingkungan  yang rusak oleh oknum - oknum yang tidak bertanggung. Jadi akan kita adakan penghijauan pasca tambang di daerah - daerah yang terdampak  sehingga dapat bermanfaat kepada masyarakat," tutupnya. 

Pj. Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Dr. Ir. Ridwan Djamaluddin, M. 
Sc., yang hadir dalam kegiatan menyampaikan bahwa penambangan timah tidak terlepas dari kebijakan pemerintah yang memperbolehkan siapa saja yang ingin menambang.

"Tidak seperti dulu sewaktu dikelola TTB, PT Timah, namun permasalahnya menjadi fokus kita bersama. Untuk program penanaman pohon pasca tambang mestinya jadi prioritas tertinggi,"  tutupnya. 

Bertindak sebagai narasumber adalah Ir. Edy Nugroho dan Brigjen Pol Pipit Rismanto, S.I K, M.H3.

Dalam paparannya Direktur Pengendalian Lahan Kementrian LHK RI, Ir. Edy Nugroho berkata beberapa daerah yang sudah menjadi atensi tingkat nasional, kedepannya kondisi lahan dapat di perbaiki/reklamasi. 

 "Perlu advokasi dalam menekan sanksi administrasi paksaan unutk pemulihan eks lahan tambang. Untuk itu, perlu sinergitas semua pihak dari instansi terkait untuk mengatasi permasalahan yang terjadi," jelasnya. 

FGD juga turut dihadiri secara daring oleh perwakilan DPRD Bangka Barat, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bangka Barat,  Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bangka Barat,  Wadan Pos Al Mentok , Kasi Intel Kejari Bangka Barat, Plt. Pasi Intel Kodim 0431/BB,  Pju Polres Bangka Barat,  Waka Unit Tambang Laut,  ESDM Wilayah Bangka Barat, Ketua KNPI Bangka Barat, Ketua Ansor Bangka Barat, serta Ketua KTH Pelawan Menumbing.

Sumber: 
Diskominfo Bangka Barat
Penulis: 
Dedra Helen S.AP
Fotografer: 
Lintang Tatang
Editor: 
Wahyu Pratiwi