Inovasi Desa Sekar Biru Sudah Go Nasional

Meraih nilai tertinggi dalam penilaian administrasi lomba desa dan kelurahan membuat Desa Sekarbiru melanjutkan ke dalam tahap pemaparan pada Selasa, 12 April 2022. Kepala Desa Sekarbiru, Erwin, memaparkan inovasi dan kreativitas.

 

“Sekarang adalah zamannya digital. itu membuat kami dimudahkan dalam berinovasi. Salah satunya adalah inovasi bidang pemerintahan desa dimana absensi digital adalah produknya. Absensi digital ini dibuat untuk meningkatkan kinerja SDM Desa. Dengan absensi digital, pekerja tidak perlu melakukan fingerprint, cukup scan barcode di android. Selain itu, zaman covid sekarang, ini dapat meminimalisir penularan covid melalui sentuhan,” jelasnya.

 

“Website kami juga aktif sebagai media informasi kepada masyarakat. Selain itu, pemetaan digital, peta mitigasi bencana juga menjadi output kami yang berbasis digital. di bidang kewilayahan, kami memanfaatkan lahan eks tambang yang kritis sebagai upaya back to nature bersama Poktan Makmur dan Bank Indonesia sehingga melahirkan pertanian terintegrasi berbasis ecofarming Desa Sekarbiru yang pada tahun 2019 meraih BI Award tingkat nasional,” paparnya lebih lanjut. 

 

“MA-11 dan POC Organik produksi mini lab Poktan Makmur telah Go Nasional. Kelompok Wanita Tani Desa Sekar Biru juga aktif dalam melakukan pelestarian lingkungan yaitu terintegrasi dengan dengan peningkatan ekonomi kerakyatan,” tambahnya.

 

Beberapa inovasi lainnya di Desa Sekar Biru antara lain:

1. Inovasi penyelenggaraan PAUD Sekar Biru yang mendapat penghargaan Pusdatin kemendes.

2. Pemanfaatan sistem barcode pada kegiatan vaksinasi covid-19

3. Pengembangan aplikasi E-Lapor dan Data Vaksinku melalui android

 

“Alhamdulillah kami sudah dipercaya mewakili Bangka Barat dalam lomba desa tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sesuai amanah Permendagri no. 81 Tahun 2015 tentang Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan. Jadi lomba ini tidak sekedar lomba, namun menjadi tolak ukur sejauh mana progress kinerja kepala desa dan perangkat desa di bidang penyelenggaraan pemerintahan desa, bidang kewilayanan dan kemasyarakatan. Tentu kita akan fokus pada potensi dan inovasi yang sudah dibuat. Semoga Allah SWT meridhoi dan semoga diberikan hasil yang terbaik,” tutupnya.

Sumber: 
Desa Sekar Biru
Penulis: 
Wahyu Pratiwi
Fotografer: 
Desa Sekar Biru
Kategori Info Publik: 
Kategori Konten: 

Berita OPDInformasi Tentang Kegiatan-Kegiatan OPD

Berita OPD Berdasarkan Jenis