Jajaki Kesepakatan Bersama dengan Pemkab Banyuasin, Bong Ming Ming: Bisa Dimulai Dulu Dengan UMKM

Mentok – “Realisasi kerja sama ini bisa dimulai dulu dari sektor UMKM, dimana produk Bangka Barat dijual di Banyuasin dan produk Banyuasin dijual di Bangka Barat”. pernyataan tersebut dikatakan oleh Wakil Bupati Bangka Barat, Bong Ming Ming, SE., saat menghadiri pertemuan antara Pemerintah Kabupaten Bangka Barat dan Banyuasin, Jumat, 21 Januari 2022. Bong Ming Ming juga menyebutkan bahwa kerja sama yang dilakukan harus berdampak pada peningkatan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat. 
 
Pertemuan yang bertempat di OR 1 Sekretariat Daerah ini beragendakan membahas rencana tindak lanjut kerja sama Pemerintah kabupaten Bangka Barat.
 
Pertemuan dipandu oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan kesra Kabupaten Bangka Barat, Drs. Ridwan, M. Si. Adapun rombongan Pemerintah Banyuasin dipimpin oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Pemkab. Banyuasin, Hasmi, S. Sos., M. Si.
 
“Kerja sama antara Pemerintah Bangka Barat dan Banyuasin sudah pernah dilakukan pada tahun 2012. Diharapkan dengan pelaksanaan kerja sama tahun ini akan ditindaklanjuti dengan PKS antar OPD di Bangka Barat dan Banyuasin," katanya. 
 
Hasmi dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Bupati Bangka Barat bersama jajaran atas sambutannya. Dirinya menjelaskan bahwa Banyuasin memerlukan kerjasama di bidang pendidikan, kebutuhan sandang pangan bagi masyarakat, sarana penunjang dan infrastruktur. 
 
"Harapannya, akan ada kolaborasi, koordinasi, dan konsolidasi antara OPD di Bangka Barat dan Banyuasin tentang potensi yang dimiliki dan bersifat saling menguntungkan. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan meningkatkan perekonomian masyarakat di kabupaten masing-masing," tuturnya. 
 
"Saya harap hari ini juga para kepala OPD yang ikut dalam kunjungan ini melakukan penjajakan ke OPD terkait di Bangka Barat dalam hal pendalaman potensi yang dimiliki Bangka Barat untuk merencanakan perjanjian kerjasama yang akan dilakukan,"  tutupnya.  
 
Sekda Bangka Barat, Drs. Muhammad Soleh, M. Si., yang turut hadir dalam pertemuan menegaskan bahwa kerja sama dibutuhkan untuk menjalin hubungan yang saling menguntungkan. 
 
"Harapannya melalui kerja sama ini dapat dituangkan dalam aksi yang nyata yang dituangkan dalam perjanjian kerjasama antar OPD Bangka Barat dan Banyuasin. Bangka Barat punya potensi, harapannya dapat disandingkan juga dengan potensi yang ada di Banyuasin sehingga dapat bersinergi. Yang menjadi tujuan adalah bagaimana potensi-potensi yang ada dapat terkelola dan dipasarkan dengan baik," tutupnya. 
 
Ruang lingkup kesepakatan bersama ini meliputi  urusan pemerintahan wajib dan pilihan. Urusan pemerintahan wajib meliputi pelayanan dasar dan hal-hal yang tidak berkaitan dengan pelayanan dasar. 
 
Rapat turut dihadiri Asisten II  bidang Perekonomian dan Pembangunan, Asisten III bidang Administrasi Sekretariat Daerah,  Kepala OPD di Lingkungan Pemkab Bangka Barat, serta Kepala OPD Pemkab Banyuasin.
 
Sumber: 
Diskominfo
Penulis: 
Wahyu Pratiwi
Fotografer: 
Tatang