Jaring Atlet Berbakat, Pemkab Babar Gelar Acara Pemandu Bakat

Muntok_Wakil Bupati Bangka Barat yang diwakili Plt. Asisten I Bidang Pemerintahan dan Sosial membuka acara Pemandu Bakat Cabang Olahraga di kabupaten Bangka Barat, Rabu (9/6/2021).

Acara ini digelar di gedung Graha Aparatur Pemkab Bangka Barat, dan dihadiri oleh perwakilan Asisten Deputi Pembibitan dan IPTEK Olahraga Kemenpora RI, Instruktur Ahli Kemenpora RI, Staff Administrasi Kemenpora RI, Kepala OPD terkait, Ketua Koni kabupaten Bangka Barat, dan para peserta dan guru pendamping pemandu bakat.

Dalam sambutannya Plt. Asisten I, Drs. Heru Warsito mengajak para guru pendamping agar dapat menindak lanjuti hasil tes dari program Kemenpora ini, serta dapat mengembangkan di sekolah masing-masing sehingga kedepannya bisa menjaring atlet-atlet sejak dini.

Dia juga mengatakan prestasi olahraga dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu kesesuaian atau ketepatan antara potensi atau bakat dengan cabang olahraga yang dipilih.

"Upaya untuk memilih atlet berbakat dalam cabang olahraga tertentu diperlukan pendekatan atau metode yang tepat," tambahnya.

"Untuk mencapai prestasi yang optimal maka usaha pembinaan harus dilaksanakan dengan menyusun strategi dan perencanaan yang rasional sebagai usaha untuk meningkatkan kualitas serta mempunyai program yang jelas, hal ini sangat penting agar pembinaan dapat mencapai sasaran yang tepat yaitu prestasi yang optimal," tambahya lagi.

Asisten Deputi Pembibitan dan IPTEK Olahraga Kemenpora RI, Cecep Sumarna menyebut pemandu bakat cabang olahraga ini sudah ada mulai tahun 2012.

"Harapan dari kami Kemenpora RI hasil dari pemandu bakat cabang olahraga ini bisa melahirkan atlet yang bisa berkelanjutan ke jenjang yang lebih tinggi lagi," harapnya.

Dia juga menyebut bahwa kabupaten Bangka Barat menjadi kabupaten prioritas ke-2 Kemenpora RI di Provinsi Bangka Belitung ini.

Para peserta yang mengikuti pemandu bakat ini berjumlah 400 peserta yang berasal dari siswa dan siswi kabupaten Bangka Barat.

Sumber: 
Diskominfo
Penulis: 
Arif
Fotografer: 
Deddy
Editor: 
Donny