Kabupaten Bangka Barat Meraih Penghargaan Sebagai Kabupaten Layak Anak (KLA)

Kabupaten Bangka Barat untuk yang kedua kalinya berhasil mendapatkan penghargaan sebagai Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) tingkat PRATAMA dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI. Penghargaan ini diserahkan oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI secara daring kepada Bupati Bangka Barat pada hari Jumat, 22 Juli 2022.

Bupati Bangka Barat, H. Sukirman, SH menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya dan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung terwujudnya penghargaan Kabupaten Bangka Barat sebagai Kabupaten Layak Anak (KLA) tingkat PRATAMA ini. Dirinya menyebutkan bahwa penghargaan ini bisa diraih tentunya karena komitmen, upaya dan kerja keras semua pihak, mulai dari Forkopimda, OPD, Masyarakat, Dunia Usaha, Media, BUMN, BUMD dan seluruh komponen yang tidak bisa disebutkan satu persatu.

Upaya untuk mendapatkan Penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA) dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI bukanlah hal yang mudah karena setiap Kab/Kota harus memenuhi 5 (lima) Kluster yang berkaitan dalam pemenuhan hak-hak anak dan perlindungan anak yaitu:

1. Klaster I : Hak Sipil dan Kebebasan

2. Klaster II : Lingkungan Keluarga dan Pengasuhan Alternatif

3. Klaster III : Kesehatan Dasar dan Kesejahteraan

4. Klaster IV : Pendidikan, Pemanfaatan Waktu Luang, dan Kegiatan Budaya

5. Klaster V : Perlindungan Khusus

“Mudah-mudahan prestasi yang kita raih ini bisa dipertahankan, terus berlanjut dan menjadi motivasi untuk meningkatkan semangat dalam melaksanakan program pemerintah terkait upaya pemenuhan hak dan perlindungan anak,” katanya. 

“Selanjutnya sebagai bentuk nyata bahwa Kabupaten Bangka Barat merupakan Kabupaten Layak Anak (KLA), saya mengajak seluruh komponen masyarakat ikut memperhatikan anak dan keluarga di era globalisasi dan teknologi saat ini untuk mewujudkan “Anak Terlindungi Indonesia Maju”,” tutupnya.

Sumber: 
Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Bangka Barat
Editor: 
Wahyu Pratiwi
Kategori Info Publik: 
Kategori Konten: 

Berita OPDInformasi Tentang Kegiatan-Kegiatan OPD

Berita OPD Berdasarkan Jenis