Khataman AL- Qur’an Desa Simpang Gong

Simpang Teritip_Sebanyak 17 Anak mengikuti prosesi khataman Al-Qur'an, masing-masing membawa berbagai macam makanan yang disusun dan dihias seindah mungkin yang biasa disebut kembang seroja untuk dibawa ke masjid Baiturrahman Desa Simpang Gong yang kemudian dibagi-bagikan kepada guru mengaji mereka dan kepada jamaah yang hadir di masjid sebagai ungkapan rasa syukur telah khatam Al-Qur'an, Rabu (21/7/2021).

Prosesi khataman ini dimulai dengan pembacaan Juz Amma oleh anak-anak pengkhatam Al-Qur'an sebagai tanda mereka telah menyelesaikan/khatam Al-Qur'an 30 Juz.

Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan doa selamat yang dipimpin oleh pemuka agama setempat.

Acara ini merupakan kegiatan yang rutin setiap tahun yang biasanya dilaksanakan satu hari setelah Idul Adha dalam rangka memuliakan para pembaca Al-Qur'an.

Dalam kesempatan ini juga diberikan bingkisan kepada para pengkhatam Al-Qur'an oleh Bupati Bangka Barat yang dalam hal ini diwakili oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Drs.H. Rozali.

H.Rozali dalam sambutannya mewakili Bupati mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan keagamaan yang di inisiasi oleh masyarakat Desa Simpang Gong yang tetap bersemangat dalam rangka memuliakan para pembaca Al-Qur'an, apalagi dimasa pandemi Covid-19 saat ini.

“Tak lupa saya menghimbau kepada seluruh masyarakat khususnya di Desa Simpang Gong agar tetap mematuhi protokol kesehatan dalam rangka memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” himbaunya.

“Hal ini juga telah diajarkan oleh Baginda Rasulullah Muhammad S.A.W untuk senantiasa menjaga kebersihan seperti yang dicontohkannya dengan berwudhu, mensucikan diri, semoga dengan apa yang diajarkan oleh beliau dapat melindungi diri kita dari pandemi ini,” tutupnya.

Sumber: 
Diskominfo
Penulis: 
Yogie
Fotografer: 
Dony
Editor: 
Dony