Laksanakan Lomba Stand Up Comedy, Ismantho: Selalu Tingkatkan Gemar Membaca

Dalam rangka meningkatkan Pembudayaan Gemar Membaca, Pemerintah Kabupaten Bangka Barat melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan menyelenggarakan  Lomba StandUp Comedy yang dilaksanakan di Gedung Layanan Perpustakaan Daerah yang beralamat di Pal II Muntok, pada Hari Rabu, 15 September 2021.

Drs. Ismantho, selaku Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kab. Bangka Barat mengatakan untuk selalu meningkatkan kegemaran membaca. “Melalui lomba stand up comedy ini, gemar membaca dapat ditingkatkan. Karena apa, para peserta yang mengikuti harus banyak membaca referensi untuk menyusun materi yang spektakuler. Sebelum ini juga kami sudah melaksanakan berbagai lomba, diantaranya lomba bertutur tingkat SD/MI, lomba pengelolaan perpustakaan sekolah tingkat SD, lomba pengelolaan perpustakaan sekolah tingkat SMP, lomba pengelolaan perpustakaan desa dan lomba menulis surat untuk kepala daerah pada Selasa lalu. Yang utama adalah materi tidak mengandung unsur SARA, Pornografi, dan yang utama harus beretika dengan baik,” katanya. “Selain itu, dengan meningkatnya kegemaran membaca maka Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat (IPLM) akan ikut meningkat,” tutupnya. 

Sementara itu, Dewa, salah satu Peserta Lomba Stand Up Comedy ini mengaku senang atas kegiatan tersebut. Ia berterima kasih karena Dinas Perpustakaan Daerah Kabupaten Bangka Barat sudah memfasilitasi melalui lomba ini, sehingga bakat-bakat para komika di Bangka Barat khususnya Bangka Belitung dapat tersalurkan, sehingga anak-anak daerah bisa mengembangkan bakatnya dalam bidang SandUp Comedy.

Pada kesempatan yang sama, salah satu juri, Purnomo, yang juga merupakan Anggota Kepolisian yang bertugas sebagai Bhabinkamtibmas Desa Dendang  memberikan apresiasi kepada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan karena kembali mengadakan lomba Stand Up Comedy yang mana tahun lalu tidak terlaksana karena pandemi.

Dirinya mengatakan Bangka Barat memiliki banyak bibit para komika.  “Hal ini sudah dibuktikan dengan seringnya Bangka Barat berprestasi. Ini merupakan awal yang baik. Kepada para peserta, waktu tampil hanya 5 menit, tidak menggunakan materi orang lain, tidak menghina suku agama maupun tidak menghina merk dagang yang ada,” pesannya. 

Bertindak sebagai dewan juri adalah Abdul Rahman, Aipda Purnomo dan Nurcholis. Beberapa kriteria penilaian yang digunakan antara lain,  Laugh perminutes yaitu seberapa banyak tawa yang dihasilkan dalam beberapa menit penampilannya, materi dan juga penguasaan panggung.

Dari hasil penilaian berikut adalah para pemenang dalam StandUp Comedy tersebut sebagai berikut;

- Juara 1. Yogi

- Juara 2. M. Ridho Subakti

- Juara 3. Dewa Eza Adriyan S

- Juara Harapan 1. Puji Laksana Mukti

Sumber: 
Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah
Penulis: 
Karlena Yulia
Editor: 
Wahyu