Muntok

Jl. Kapten Piere Tendean Nomor 01 Kelurahan Sungai Daeng Kecamatan Muntok Kabupaten Bangka Barat 33311

SUKANDI, S.Pd.I.
19660805 198703 1 006
IVb / Pembina Tk. I
S1

Selayang Pandang tentang Satuan Kerja :

Kecamatan Muntok Kabupaten Bangka Barat dibentuk berdasarkan Peraturan Daerah No. 10 Tahun 2017 tentang Perubahan atas Peraturan Daerah No. 6 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan susunan Perangkat Daerah Kabupaten Bangka Barat dan Peraturan Bupati Bangka Barat No.106 Tahun 2017 tentang Kedudukan susunan organisasi, tugas dan fungsi serta tata kerja Kecamatan Muntok Kabupaten Bangka Barat.

Dasar Hukum Pembentukan :

  1. Peraturan Daerah No. 10 Tahun 2017 tentang Perubahan atas Peraturan Daerah No. 6 Tahun 2016
  2. Peraturan Bupati Bangka Barat No. 106 Tahun 2017

Susunan Organisasi :

 

Susunan Organisasi Kecamatan Muntok Kabupaten Bangka Barat, yaitu :

  1. Camat Muntok
  2. Sekcam, terdiri dari :
  • Sub Bagian Umum dan Perlengkapan
  • Sub Bagian Penyusunan Program dan Keuangan
  1. Kasi Tata Pemeritahan

 

  1. Kasi Pelayanan Umum
  2. Kasi Kesejahteraan Masyarakat
  3. Kasi Pemberdayaan Pemerintahan Desa
  4. Kasi Ketentraman dan Ketertiban Umum
  5. Lurah Tanjung, terdiri dari :
  • Sekretaris lurah
  • Kasi Pemerintahan  dan Trantib
  • Kasi Pelayanan Umum
  • Kasi Kesejahteraan Sosial
  1. Lurah Sungai Daeng, terdiri dari :
  • Sekretaris lurah
  • Kasi Pemerintahan  dan Trantib
  • Kasi Pelayanan Umum
  • Kasi Kesejahteraan Sosial
  1. Lurah Sungai Baru, terdiri dari :
  • Sekretaris lurah
  • Kasi Pemerintahan  dan Trantib
  • Kasi Pelayanan Umum
  • Kasi Kesejahteraan Sosial
  1. Lurah Menjelang, terdiri dari :
  • Sekretaris lurah
  • Kasi Pemerintahan  dan Trantib
  • Kasi Pelayanan Umum
  • Kasi Kesejahteraan Sosial
  1. Lurah Keranggan, terdiri dari :
  • Sekretaris lurah
  • Kasi Pemerintahan  dan Trantib
  • Kasi Pelayanan Umum
  • Kasi Kesejahteraan Sosial
  1. Visi

Kabupaten Bangka Barat yang memilik tata kelola pemerintahan yang baik, daya saing daerah yang tinggi, masyarakat yang berkualitas dan pembangunan yang berkesinambungan dengan lingkungan hidup yang lestari.

 

  1. Misi
  1. Mewujudkan Tata Kelola kinerja Instansi yang Akuntabel untuk Pelayanan Publik yang Berkualitas;
  2. Membangun Perekonomian yang Berbasis Sumber Daya Lokal dan Berdaya Saing Tinggi;
  3. Membangun Masyarakat yang Majudan Berkualitas; dan
  4. Mewujudkan Kelestarian Lingkungan untuk Mendukung Pembangunan yang Berkelanjutan.

 

Isu Strategis

Identifikasi isu-isu strategis berguna untuk menajamkan rumusan misi, tujuan, sasaran, program, dan indikator kinerja (outcome) yang memang merupakan turunan dari isu strategis. Disebut turunan karena rumusan misi, tujuan, sasaran, program, dan indikator kinerja outcome tersebut harus berkorelasi dan menjawab isu strategis yang ada. Identifikasi isu yang baik akan menghasilkan turunan yang kontekstual, sesuai dengan kondisi saat ini, mampu menjawab tantangan dari kondisi yang akan datang, dan tepat dengan kebutuhan masyarakat.

Isu-isu strategis bersumber dari permasalahan yang ada berdasarkan lingkup tugas dan fungsi, kebijakan kepala daerah (sebagimana tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah), kebijakan nasional (dalam hal ini adalah Kementerian Dalam Negeri)dan dokumen perencanaan daerah lainnya.

 

Tugas dan Fungsi

 

Berdasarkan amanat Peraturan Bupati Bangka Barat Nomor 106 Tahun 2017 Perangkat Daerah Kecamatan Muntok mempunyai Kedudukan, Tugas dan Fungsi sebagai berikut :

  1. Kecamatan merupakan perangkat daerah yang dibentuk dalam rangka meningkatkan koordinasi penyelenggaraan pemerintahan, pelayanan public, dan pemberdayaan masyarakat desa atau sebutan lain dan kelurahan, sebagai pelaksana teknis kewilayahan yang mempunyai wilayah kerja tertentu dan dipimpin oleh Camat.
  2. Camat berkedudukan dibawah dan bertanggung jawab kepada Bupati melalui Sekretaris Daerah.
  3. Camat menyelenggarakan tugas umum pemerintahan yang meliputi :
    1. Mengkoordinasikan kegiatan pemberdayaan masyarakat;
    2. Mengkoordinasikan upaya penyelenggaraan ketentraman dan ketertiban umum;
    3. Mengkoodinasikan penerapan dan penegakan peraturan perundang-undangan;
    4. Mengkoordinasikan pemeliharaan prasarana dan fasilitas pelayanan umum;
    5. Mengkoordinasikan penyelenggarakan kegiatan pemerintahan yang dilakukan oleh perangkat daerah di kecamatan;
    6. Membina dan mengawasi penyelenggarakan pemerintahan desa dan/atau kelurahan;
    7. Melaksanakan pelayanan masyarakat yang menjadi ruang lingkup tugas dan/atau yang belum dapat dilaksanakan pemerintahan desa atau kelurahan; dan
    8. Melaksanakan tugas lain sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.
  4. Camat mempunyai tugas melaksanakan kewenangan pemerintahan yang dilimpahkan Bupati sesuai dengan karakteristik wilayahnya, kebutuhan daerah dan tugas pemerintahan lain berdasarkan peraturan perundang-undangan.
  5. Dalam menyelenggarakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (4), Camat mempunyai fungsi :
    1. Menyelenggarakan tugas-tugas pemerintahan umum dan pembinaan pemerintahan desa;
    2. Melaksanakan pembinaan ketentraman dan ketertiban umum;
    3. Melaksanakan pembinaan pembangunan, yang meliputi pembinaan pembangunan, yang meliputi pembinaan sarana dan prasarana perekonomian, produksi dan pembinaan lingkungan hidup;
    4. Melaksanakan pembinaan kesejahteraan sosial;
    5. Melaksanakan pembinaan pelayanan umum;
    6. Melaksanakan penyusunan rencana dan program, pembinaan administrasi ketatausahaan dan rumah tangga.

 

Program Kerja

 

      Adapun Program Kerja pada OPD Kecamatan Muntok adalah sebagai berikut :

  1. Program Peningkatan Peran Perempuan di Pedesaan
  2. Program Pelayanan Administrasi Perkantoran
  3. Program Peningkatan Pengembangan Sistem Pelaporan Capaian Kinerja dan Keuangan
  4.  Program Peningkatan Sarana dan Prasarana Aparatur
  5. Program Peningkatan Disiplin Aparatur
  6. Program  Pembinaan dan Pengawasan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa/kelurahan
  7. Program Peningkatan Partisipasi Masyarakat Dalam Membangun Desa
  8. Program Peningkatan Semangat Kebangsaan
  9. Program Penyelenggaraan Tugas Umum Pemerintah
  10. Program Penyelenggaraan tugas pelimpahan kewenangan Kepala Daerah
  11. Program Peningkatan Keamanan dan Kenyamanan Lingkungan
  12. Program Penyempurnaan Kualitas Pelayanan
  13. Program Pembinaan Kehidupan Beragama

Pengalaman

  • Guru SDN 262 dari Tahun 1987-2003
  • Guru SDN 95 dari Tahun 2003-2008
  • Guru SDN 08 dari Tahun 2008-2009
  • Penilik UPT Pendidikan dari Tahun 2009-2011
  • Kasi Kepemudaan Dinas Dikpora dari Tahun 2011-2012
  • Kepada SKB Dinas Dikpora dari Tahun 2012-2014
  • Kabid Kebudayaan Dinas Perhubungan dari 2014-2016
  • Camat Muntok dari Tahun 2016-2018
  • Sekretaris Disparbud dari Tahun 2018-2019
  • Camat Muntok dari Tahun 2019-sekarang
Kategori SKPD: 
Kecamatan