Pasar Ramadhan Akan Buka di Enam Kecamatan, Pengunjung Diimbau Terapkan Prokes Ketat

Bangka Barat _   Dalam menyambut bulan suci Ramadhan 1443 H, Pemerintah Kabupaten Bangka Barat akan mengadakan Pasar Ramadhan di seluruh Kecamatan yang ada di Kabupaten Bangka Barat dengan memfasilitasi   para pelaku usaha untuk memasarkan dagangannya.

Hal ini diputuskan dalam rapat bertempat di ruang BPBD Kabupaten Barat, Jumat, 25/3/22. Direncanakan pasar Ramadhan akan awasi oleh Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Bangka Barat bersama Kepala Dinas Koperasi Usaha Perindustrian Kabupaten Bangka Barat dengan melibatkan Unsur Forkopimda Kabupaten Bangka Barat. 

Pasar Ramadhan akan dijadwalkan sejak awal Ramadhan selama 27 hari mulai dari sore hingga  berbuka.

"Akan kita dukung untuk membangkitkan kembali ekonomi masyarakat khususnya   UMKM yang selama ini terdampak pandemi covid 19," kata Kepala BPBD Bangka Barat, Achmad Nursyandi, S. Farm., Apt., MPH.,

“Akan kita atur sedemikian rupa agar pelaksanaanya tetap menerapkan prokes yang ketat, setiap blok akan kita kasih jarak dan tetap menggunakan masker  bagi  pengunjung/ UMKM. Kita sediakan tempat cuci tangan sebelum masuk dan keluar dari lokasi serta menunjukkan vaksinasi juga," jelasnya. 
 
“ Dari pihak  Dinas Kesehatan akan membuka gerai vaksin bagi pengunjung yang belum di vaksin. Seluruh tempat untuk UMKM difasilitasi oleh DKUP Kabupaten Bangka Barat dan berharap pelan pelan kita bisa membantu  menaikkan perekonomian UMKM kembali normal," tutupnya. 

Kepala DKUP Kabupaten Bangka Barat, Aidi, S.K.M., mengatakan di enam Kecamatan di Kabupaten Bangka Barat , pasar Ramadhan  akan didirikan secara gratis bertempat di lokasi strategis.

“Khusus untuk Kecamatan Mentok akan menggunakan 60 tenda, dan berlokasi di lapangan  gelora dengan sasarannya para UMKM yang ada di Bangka Barat. Kita juga berharap masyarakat dapat memanfaatkannya dalam memenuhi berbagai kebutuhan selama bulan Ramadhan," jelasnya.

“Tetap terapkan protokol kesehatan. Dalam hal pengamanan dan koordinasi, kami melibatkan  semua pihak, baik BPBD, Sat Pol PP, Unsur Forkopimda, Anak Mentok  Punye  Gawe ( AMPEGE). Ini adalah salah satu upaya membangkitkan kembali UMKM kita," tutupnya.

Sumber: 
BPBD
Penulis: 
Dedra
Fotografer: 
Novie Adrian
Editor: 
Wahyu Pratiwi
Kategori Info Publik: 
Kategori Konten: 

Berita OPDInformasi Tentang Kegiatan-Kegiatan OPD

Berita OPD Berdasarkan Jenis