Pelaksanaan Bimtek Penguatan Peran Bunda PAUD dalam Mewujudkan Layanan PAUD Holistik Integratif yang Berkualitas

Bertempat di ruang rapat kantor camat Mentok, dilaksanakan kegiatan bimtek bertajuk “Penguatan Peran Bunda PAUD dalam Mewujudkan Layanan PAUD Holistik Integratif yang Berkualitas di Kabupaten Bangka Barat” pada Rabu, 22 September 2021.
Acara dihadiri oleh Ketua TP PKK Kabupaten Bangka Barat yang juga sekaligus merupakan bunda PAUD Kabupaten Bangka Barat, Kepala Dinas Pendidikan, penasihat pokja bunda PAUD Kabupaten Bangka Barat, bunda PAUD kecamatan , desa dan kelurahan.
Bimtek ini dilaksanakan dengan tujuan menyelamatkan periode emas (golden age) anak dimana pada saat periode emas, segala hal-hal yang berkaitan dengan tumbuh kembang anak berkembang secara pesat yang jika tidak diarahkan dengan benar tidak akan berdampak signifikan pada proses perkembangan selanjutnya.
“Masa emas merupakan masa anak mengenali berbagai macam fakta di lingkungannya untuk membantu perkembangan kepribadian, psikomotor, kognitif dan sosialnya. Dan ini hanya sekali, jika terlewat tidak akan bisa kembali lagi,” katanya.
“Kepada para bunda yang hadir hari ini, ayo kita bersama bahu membahu menjadikan anak-anak kita berkembang sesuai dengan potensi yang dimilikinya. Dan itu harus dimulai sejak dini. Berikan dorongan, motivasi yang positif agar kepercayaan diri anak dapat terbentuk,” tambahnya.
“Senantiasa semangat dan selalu diingat bahwa peran para bunda sangat penting. Semoga Allah SWT mencatat sebagai ibadah dan niat baik kita menjadi manfaat untuk masyarakat,” tutupnya.
Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Bangka Barat, Drs. Rukiman, M. Si., mengatakan melalui penguatan peran para Bunda PAUD baik Kabupaten, Kecamatan, Desa dan Kelurahan diharapkan akan menjadi motivasi, pendorong dan menjembatani sinergitas antara Satuan Pendidikan Paud dengan stake holder dan Dinas/instansi terkait.
“Sinergitas ini penting untuk mewujudkan Layanan Paud Holistik Integratif yang berkualitas di wilayah Kabupaten Bangka Barat sehingga tercipta anak usia dini yg sehat, cerdas dan ceria yang siap masuk ke sekolah dasar,” katanya.
Bimtek diikuti oleh 30 orang peserta yang merupakan perwakilan dari Bunda PAUD Kecamatan dan pokja Bunda PAUD serta sebagian Bunda PAUD Desa dan kelurahan se-Kabupaten Bangka Barat.

Sumber: 
Dinas Pendidikan dan Kepemudaan dan Olahraga
Penulis: 
Wahyu Pratiwi