Pelaksanaan Rapat Konsultasi dengan Balai Sertifikasi Elektronik BSSN

 

Muntok- Pemerintah Kabupaten Bangka Barat melalui Dinas Komunikasi dan Informatika melaksanakan rapat konsultasi dengan Balai Sertifikasi Elektronik BSSN pada Kamis, 29 Juli 2021 bertempat di ruang vidcon Kominfo. 

Rapat dihadiri oleh Plt. Asisten I, Drs. Heru Warsito, mewakili sekretaris Daerah sekaligus bertindak sebagai pemimpin rapat. Rapat dilaksanakan terkait rencana penerapan tanda tangan elektronik. 

Acara dilakukan melalui aplikasi zoom meeting dan diikuti Plt Kadin Kominfo beserta jajaran, Kepala BKPSDM, dan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan. 

Dalam sambutannya, Heru mengatakan bahwa rapat dilaksanakan dengan dilatari keinginan Pemerintah Kabupaten Bangka Barat untuk menerapkan tanda tangan elektronik dalam penyelenggaraan pemerintah daerah Kabupaten Bangka Barat. 

"Mohon bimbingannya dari pihak Balai Sertifikasi Elektronik BSSN terkait mekanisme dan prosedur penerapan tanda tangan berbasis elektronik ini," katanya.

Bertindak sebagai narasumber dalam rapat adalah Kepala Balai sertifikasi elektronik BSSN, Rinaldy, S. Sos., M. Ti. Dan Fauzan Aditya.

Dijelaskan oleh Rinaldy bahwa Sertifikat elektronik terdiri dari beberapa file yang berisi identitas, tanda tangan digital , kunci kriptografi, pihak ketiga terpercaya. 

"Implementasi sertifikat elektronik: mekanisme stand-alone (khusus untuk tanda tangan,file dalam bentuk pdf untuk dibubuhi TTD elektronik) dan integrated system. Bangka barat silakan memilih mana yang akan dipakai dengan menyesuaikan kondisi," jelasnya lebih lanjut.

"Manfaat dari penerapan tanda tangan elektronik ini adalah menjamin keutuhan, keaslian, 2. Anti penyangkalan transaksi elektronik," katanya. 

Pada akhir rapat, narasumber menampilkan video aplikasi persuratan di BSRE. 

Ditemui oleh tim liputan Kominfo, Drs Heru Warsito mengatakan bahwa Ini mendesak kita lakukan karena akan mendukung penyelenggaraan pemerintahan yang efektif dan efisien.

"Dengan diterapkannya tanda tangan elektronik ini, akan menjadi paperless, jadi akan sedikit sekali menggunakan kertas," ujar Heru saat diwawancarai oleh tim kominfo.

"Transformasi teknologi sangat penting, mau tidak mau kita harus mengikuti. Paparan yang disampaikan oleh pak Rinaldy dan Aditya sangat membantu sekali. Harapannya kabupaten Bangka Barat segera bisa menerapkan untuk menjadikan pemerintah lebih baik dalam rangka mendukung sistem pemerintahan berbasis elektronik," katanya.

"Selanjutnya, kerjasama ini akan diarahkan pada penandatanganan nota kesepakatan antara pemerintah kabupaten Bangka Barat dengan Balai Sertifikasi Elektronik BSSN agar ke depannya dapat berjalan dengan baik," tutupnya.

Sumber: 
Diskominfo
Penulis: 
Wahyu
Fotografer: 
Dedra