Pelaksanaan Rembuk Desa Canangkan Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak

Simpang Ibul _ Bertempat di aula kantor Desa Ibul, telah dilaksanakan Rembuk Desa dalam rangka mencanangkan Desa Ibul dan Cupat sebagai Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak ( DRPPA), Jumat, 19/11/21.

Acara dihadiri oleh Ketua TP PKK Kabupaten Bangka Barat, Hj. Rosmala Sukirman, yang mengatakan kekerasan kepada anak sering terjadi karena ketidakpedulian dan kurangnya perhatian orang tua kepada anak karena kesibukan orang tua.

“Para orang tua harus selalu memberikan perhatian kepada anak setiap waktu agar mereka merasa diperhatikan," katanya.

Dalam arahan Kepala Dinas PPPA Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Dr. Asyraf Suryadin, disebutkan bahwa terpilihnya Desa Ibul dan Cupat sebagai model DRPPA hendaknya akan menjadi contoh untuk desa lainnya.

"Semoga ke depan akan ada desa yang Kepala desanya seorang perempuan, namun, walaupun saat ini kepala desanya seorang laki - laki hendaknya memiliki kemampuan untuk responsif gender serta bisa memahami ramah perempuan dan peduli anak," jelasnya.

Sementara itu, Asdep PHA atas Pengasuhan dan Lingkungan, Rohika Kurniadi Sari, S.H.,M.Si., berkata bahwa pencanangan rembuk desa ini adalah sesuai arahan Presiden Republik Indonesia terkait perempuan dan anak.

“Mari kita cegah kekerasan terhadap anak serta penikahan dini dengan perempuan berdaya anak terlindungi Indonesia Maju. Mari bangun sinergi dan kerja nyata bersama dalam rangka pemberdayaan perempuan dan anak lewat pembangunan desa ramah perempuan dan peduli anak,“ pesannya.

Rembug desa juga dihadiri Kepala Dinas P2KBP3A Kabupaten Bangka Barat, Plt. Camat Simpang Teritip, Bhabinkamtibmas Simpang teritip, Kepala Desa Ibul, Plt. Kepala Desa Cupat, Forum anak Bangka Barat, tokoh masyarakat, tokoh agama, dan masyarakat desa Ibul dan Cupat.

Sumber: 
Diskominfo
Penulis: 
Dedra
Fotografer: 
Dedy
Editor: 
Wahyu Pratiwi