Pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur'an Hadits (MTQH) ke-XII Tingkat Kabupaten Bangka Barat

Bupati Bangka Barat yang diwakili oleh Sekretaris daerah, Drs. Muhammad Soleh, M. AP., Membuka secara resmi Musabaqah Tilawatil Qur'an Hadits (MTQH) ke-XII tingkat kabupaten Bangka Barat bertempat di mesjid Agung Baitul Ridho Pemerintah Daerah Kabupaten Bangka Barat, Minggu 10/10/21. H.Juandi menyampaikan dalam laporan kegiatan bahwa MTQH ke-XII tingkat kab. Bangka Barat tahun 2021 ini diselenggarakan mulai 10 Oktober s/d 12 Oktober pukul 08.00 - 16.00 WIB di mesjid Agung Baitul Ridho. Peserta berjumlah 240 orang berasal dari 6 kecamatan, dengan rincian: 1. Kecamatan Mentok: 41 orang, 2. kecamatan Kelapa: 25 org, 3. Kecamatan Tempilang: 38 org 4. kecamatan Simpang Teritip: 38 orang 5. Kecamatan Jebus: 32 org, 6. kecamatan Parittiga: 39 org.

Adapun dewan hakim dan panitera berjumlah 42 orang. Cabang lomba yang dilombakan meliputi 8 bidang yaitu tilawah, tafsir, hadits, fahmil, syahrir, hatmil, karya tulis ilmiah al-quran, dan tiroasoqah. Muhammad Soleh mengatakan dalam sambutannya bahwa meskipun pelaksanaan MTQh tahun ini agak terlambat, harapannya tidak mengurangi makna pelaksanaan MTQH yang juga sekaligus mencari bibit-bibit MTQ yang mumpuni tingkat kabupaten yang nantinya yang akan mewakili Bangka Barat di kancah yang lebih luas. "Sebelumnya kegiatan MTQH ini dibawah naungan teman-teman bagian SOSMAS, tapi sesuai dengan aturan yang ada bahwa mulai tahun ini dilakukan oleh LPTQ kabupaten dan SOSmas tetap memfasilitasi. Mudah-mudahan dengan dibentuknya LPTQ tingkat kecamatan ini kita bisa mengkoodinasi, mengkonsolidasikan sampai ke tingkat bawah sehingga kita mencari bibit-bibit yang lebih baik lagi, dan tetap di bawah koordinasi dari pak camat," katanya. "momentum MTQh ke-XII ini kita jadikan sebagai salah satu media syiar islam. Mudah-mudahan berawal dari niat yang baik, tercatat sebagai amal sholeh yang bernilai pahala dari Allah SWT.

Melalui kegiatan ini juga harapannya dapat menghasilkan qori-qoriah Bangka Barat yang mampu nanti berlaga di MTQH di tingkat provinsi bangka belitung," tambahnya. "Saya ucapkan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada segenap panitia yang telah bekerja maksimal untuk mensukseskan acara ini dan kepada para pembina dan pelatih yang sudah bekerja maksimal bagi ketersediaan sumber daya manusia yang handal untuk mengikuti setiap perhelatan MTQH ini," tutupnya.

Acara MTQH ini juga dihadiri unsur Forkopimda Bangka Barat, Kepala OPD Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, para camat, Ketua LPTQ kabupaten Bangka Barat,serta Ketua Organisasi masyarakat di Kabupaten Bangka Barat.

Sumber: 
Diskominfo
Penulis: 
Erwin
Fotografer: 
Erwin
Editor: 
Wahyu Pratiwi