Pemerintah Kabupaten Bangka Barat Laksanakan Kegiatan Pelatihan Pemandu Wisata Alam

Muntok _ Pemerintah kabupaten Bangka Barat melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bangka Barat melaksanakan kegiatan Pelatihan Pemandu Wisata Alam bertempat di Rumah Kebun pada Kamis, 9/9/21. Sebanyak 40 peserta yang berasal dari seluruh desa se-Kabupaten Bangka Barat mengikuti kegiatan tersebut yang dijadwalkan selama 3 hari mulai 9 s.d. 11 September 2021 di Rumah Kebun. Dan pada tanggal 11 September, para peserta akan langsung praktik lapangan di Bukit Penyabung Pelangas. Bupati Bangka Barat, H. Sukirman, SH yang hadir dalam kegiatan membuka secara langsung kegiatan.

Dalam sambutannya, kegiatan ini sangat bagus dan bermanfaat. “Harapannya dapat meningkatkan dan menarik para wisatawan yang ingin berkunjung di Bangka Barat,” ujarnya. “Seorang pemandu wisata harus punya wawasan luas, dan bisa jadi icon sekaligus bisa menguasai lokasi wisata di tempatnya masing-masing. Tetap semangat, tingkatkan motivasi, rajin bekerja, ikhlas dan bertanggung jawab dalam pekerjaan,” katanya.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Muhammad Ali,S.IP., LLM ,menuturkan bahwa tujuan dari pelatihan ini adalah untuk meningkatkan kualitas dari pemandu wisata alam dalam meberikan pelayanan maksimal kepada wisatawan, baik dari ilmu, tutur kata yang santun. “Ketika pemandu wisata sudah baik, harapannya berdampak positif terhadap pariwisata di Bangka Barat, khususnya. Lebih lanjut akan berdampak positif terhadap peningkatan perekonomian Kabupaten Bangka Barat dengan wisnu ( wisatawan nusantara ) dan wisman ( wisatawan mancanegara) dalam memberikan pelayanan maksimal,” imbuhnya. “Kegiatan dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan dan berdasarkan surat Satgas Penanganan Covid 19 dengan protokol kesehatan yang ketat , peserta pemandu wisata tahun 2021 disyaratkan melampirkan surat keterangan telah tervaksin ,“ jelasnya.

Kegiatan juga dihadiri oleh Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan, para peserta pemandu wisata dan awak media.

Sumber: 
Diskominfo
Penulis: 
Dedra
Fotografer: 
Virgo
Editor: 
Wahyu Pratiwi