Pemerintah Kabupaten Bangka Barat Terima Plakat dan Piagam Penghargaan WTP atas Laporan Keuangan Pemerintah Tahun 2020

Pemerintah Kabupaten Bangka Barat yang diwakili Asisten administrasi dan umum, Ir. Herzon, menerima plakat dan piagam penghargaan WTP atas laporan keuangan Pemerintah daerah tahun 2020 pada Selasa, 19/10/21.

Plakat dan Piagam Penghargaan WTP dari Menteri Keuangan Pemerintah Republik Indonesia ini diberikan kepada Pemkab Bangka Barat atas keberhasilannya menyusun dan menyajikan laporan keuangan tahun 2020 dengan capaian opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Edih Mulyadi, Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) pemprov Bangka Belitung berkata bahwa acara ini merupakan acara tahunan sebagai wujud dari apresiasi pemerintah pusat kepada pemerintah daerah yang memperoleh WTP di dalam pengelolaan laporan keuangan pemerintah daerah.

"Ini adalah sejarah dan pertama kali semua entitas pemerintah daerah di provinsi Bangka Belitung memperoleh predikat tertinggi di dalam laporan keuangan pemerintah daerah yaitu predikat Wajar Tanpa Pengecualian dan tema yang diusung pada kesempatan ini adalah mengawal akuntabilitas untuk pengelolaan laporan keuangan daerah berkualitas yang berbudaya WTP," tambahnya.

"Tema ini sangat relevan dengan apa yang sedang dan terus kita lakukan untuk mengawal pengelolaan daerah sehingga tata kelolanya baik, transparan, akuntabel yang pada akhirnya bisa memperoleh WTP. Ini merupakan momentum yang sangat beharga dan terus kita pertahankan dari tahun ke tahun, tentunya kebersamaan sinergisitas dari berbagai pihak merupakan satu modal dasar sehingga WTP bisa diperoleh," katanya.

Erzaldi Rosman, Gubernur Bangka Belitung berkata ini suatu prestasi yang luar biasa yang tidak terlepas daripada kerja sama, kerja keras semua pihak, baik dari Pemerintah kabupaten/kota maupun pemerintah provinsi.

"Keaktifan BPKP dalam pengelolaan keuangan ini pun sangat luar biasa. Dengan tiada kenal lelah terus berupaya membuat manajemen keuangan daerah menjadi lebih baik. Terlebih pengawasan yang dilakukan oleh BPK terus berupaya menjemput bola, memberikan arahan dan sekaligus pemeriksaan. Kita berupaya laporan satu tahun sebelumnya diharapkan menjadi lebih baik lagi untuk dapat penilaian dari BPK kedepannya," tambahnya.

"Tantangan kita adalah mempertahankan WTP yang sudah diraih ini dan meningkatkan kualitasnya, karena WTP ini bukan jaminan bagi kita tidak mendapat suatu teguran, bukan berarti WTP sudah segala-segalanya, berjalan dengan otomotis, bisa berlangsung baik, tetapi WTP ini sebagai standar indikator bagi kita kedepan agar dapat mengelola keuangan dengan lebih baik," tambahnya.

"Kami sangat berharap bimbingan terus dari BPKP, BPK dan pihak yang terkait. Kita harus terus berupaya agar akuntabilitas dan transparasi ini tetap harus kita jaga bersama-sama sehingga transaksi keuangan dapat dikelola dan dipertanggungjawabkan sebaik mungkin. Dengan demikian capaian opini ataupun kualitas laporan keuangan dapat dipertahankan dan terus ditingkatkan," ujarnya.

"Penghargaan saya setinggi-tingginya kepada pemerintah kabupaten/kota dan pemprov.babel yang telah mencapai WTP ini, terlebih kepada kabupaten Bangka dan Bangka Tengah yang sudah mendapat 5 kali WTP, tolong ini dipertahankan,"tutupnya.

Acara juga di hadiri perwakilan BPK RI, Perwakilan BPKP Bangka Belitung, Sekretaris Daerah Provinsi Bangka Belitung, Bupati, Wakil Bupati, dan Walikota se-provinsi Bangka Belitung.

Sumber: 
Diskominfo
Penulis: 
Erwin
Fotografer: 
Erwin
Editor: 
Wahyu Pratiwi